Penelitian ini dilatarbelakangi karena tingkat berpikir induktif siswa masih tergolong rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir induktif siswa SMA dalam pembelajaran matematika pada materi induksi matematika. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan jenis penelitian yang digunakan peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui instrument tes dan wawancara. Indikator proses berpikir induktif siswa yang peneliti gunakan yaitu (1) menggunakan pola hubungan untuk menganalisis situasi matematika, (2) analogi, dan (3) generalisasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes induksi matematika yang melibatkan 24 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 11 Maros yang dikelompokkan berdasarkan kemampuannya yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemudian dipilih 3 siswa yang mewakili setiap kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu menggunakan pola hubungan untuk menganalisis situasi matematika dan mampu membuat analogi, namun belum mampu membuat generalisasi. Begitu pula dengan siswa yang memiliki kemampuan sedang, sedangkan siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu membuat analogi saja.
Copyrights © 2022