Tarjih Tropical Livestock Journal
Vol. 1 No. 2 (2021): Tarjih Tropical Livestock Journal

Keragaman Fenotipe Bentuk-Bentuk Tubuh Sapi Hasil Persilangan Pejantan Brahman dengan Indukan Bali

Susril Dedi Effendi (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Junaedi Junaedi (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Suparman Suparman (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Khaeruddin Khaeruddin (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keragaman fenotipe bentuk-bentuk tubuh sapi hasil persilangan pejantan brahman dengan indukan sapi bali. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Watubangga, Toari dan Tanggetada, kabupaten Kolaka menggunakan sapi hasil persilangan pejantan Brahman dengan indukan Bali sebanyak 100 sampel. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Parameter yang diamati berupa sifat kualitatif meliputi; garis punggung gelambir, punuk, bentuk tanduk, dan bentuk telinga. Data sifat kualitatif ditabulasi dan dihitung frekuensi fenotipnya. Sapi hasil persilangan pejantan Brahman dengan indukan Bali memiliki garis punggung sebanyak 13 % dan didominasi oleh sapi keturunan tidak memiliki garis punggung (87%). Sapi hasil persilangan pejantan Brahman dengan indukan Bali memiliki gelambir sebanyak 67% dan tidak bergelambir sebanyak 33%. Sapi hasil persilangan pejantan Brahman dengan indukan Bali didominasi oleh fenotipe yang tidak berpunuk (78%) dibanding sapi hasil silangan berpunuk (22%). Bentuk tanduk sapi hasil pesilangan pejantan Brahman dengan indukan Bali terdapat lima variasi, frekuensi fenotip sapi bertanduk sebanyak 91%, tidak bertanduk 9%. Sapi hasil persilangan pejantan Brahman dengan indukan Bali memiliki bentuk telinga tegak sebanyak 32% dan telinga tidak tegak 68%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tropical

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Tarjih Tropical Livestock Journal menerima artikel dari hasil penelitian (original research article) maupun artikel telaah (review article) dari para akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang Peternakan. Ruang Lingkup Jurnal terdiri dari: 1. Nutrisi ternak 2. Produksi ternak 3. Lingkungan ternak ...