El Mudhorib Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENGARUH INFLASI TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL PERIODE TAHUN 2015-2018: (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia.Tbk)

Yayan Nasikin (IAIN Fattahul Muluk Papua)
Sahudi Sahudi (IAIN Fattahul Muluk Papua)
Amris Amris (IAIN Fattahul Muluk Papua)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi terhadap profitabilitas pada bank syariah dan bank konvensional periode tahun 2015-2018 (studi kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.(Persero).Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero).Tbk). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari halaman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana menggunakan program Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inflasi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Retrun On Asset (ROA) PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.(Persero).Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero).Tbk). Namun Pengaruh tingkat inflasi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah (Persero).Tbk lebih kecil dibandingkan dengan PT. Bank Rakyat Indonesia(Persero).Tbk. hal ini disebabkan bank syariah tidak menggunakan sistem bunga melainkan menggunakan sistem bagi hasil sehingga uang yang dikelola bank syariah tidak terlalu berpengaruh apabila terjadi peningkatan inflasi. Hasil dari penelitian ini diharapakan dapat menjadi masukan bagi pihak yang berkepentingan khususnya bank syariah dan bank konvensional untuk mengambil keputusan dalam menentukan kebijakan perusahaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elmudhorib

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

About the Journal This journal focuses on Islamic economics thought and Islamic banking, research, literature studies, and present issues. All papers are peer-reviewed by at least two reviewers. The Scope of El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah is as follow but not limited to: 1. ...