cover
Contact Name
Fachrudin Fiqri Affandy
Contact Email
affandyjo@gmail.com
Phone
+6282198231413
Journal Mail Official
elmudhorib@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merah Putih Buper Waena, Distrik Heram, Waena Kota Jayapura
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
El Mudhorib Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
ISSN : -     EISSN : 27225615     DOI : https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v2i1
Core Subject : Economy,
About the Journal This journal focuses on Islamic economics thought and Islamic banking, research, literature studies, and present issues. All papers are peer-reviewed by at least two reviewers. The Scope of El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah is as follow but not limited to: 1. Sharia Economics 2. Management and Sharia Business 3. Islamic Banking 4. Entrepreneurship 5. Sharia Finance 6. Islamic Finance Institution
Articles 35 Documents
Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, Dan Kebudayaan Terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Nurudin Nurudin; Johan Arifin; Anang Ma'ruf
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.739 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v2i1.79

Abstract

Seiring berjalannya waktu dunia perbankan mengalami kemajuan pesat terutama perbankan syariah, baik dari segi fasilitas ataupun pelayanannya. Perbankan syariah tentunya perbankan yang tidak menerapkan bunga dalam segala transaksinya. Indonesia merupakan salah satu negara yang masyoritas memiliki penduduk beragama muslim dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang keagamaan, contoh saja pesantren. Pesantren merupakan lembaga pendidikan dengan latar belakang agama islam dan peserta didik dari pesantren disebut santri. Para santri khusunya di Kota Semarang memiliki berbagai macam tingkat pendidikan, pengetahuan akan literasi keuangan syariah, kebudayaan yang mereka bawa dari daerah asal dan juga tingkat religiusitas yang beragam. Dengan adanya fenomena ini, maka dilakukanlah penelitian dengan judul ” Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, dan Kebudayaan terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Assalafiy Al-Asror Kecamatan Gunungpati Kota Semarang)”. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak terutama dalam hal pengetahuan yang memiliki keterkaitan dengan tingkat pendidikan, literasi keuangan syariah, kebudayaan, religiusitas dan meinat menabung di bank syariah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pengisian angket untuk pengumpulan data. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin yang menghasilkan 90 responden dari 600 populasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji reabilitas, uji validitas, uji koefisien determinasi R2, uji F, uji t, uji multikolineritas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji Moderated Regression Analisis (MRA). Penelitian ini menghasilkan keseluruhan variabel independen (tingkat pendidikan, literasi keuangan syariah, dan kebudayaan) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (minat menabung) dengan nilai Fhitung sebesar 154.020 dengan nilai probabilitas sebsar 0,000. Uji t menghasilkan variabel literasi keuangan syariah dan kebudayaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat menabung sedangkan variabel tingkat pendidikan mmeiliki pengaruh positif tidak signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,170. Variabel religiusitas tidak mampu memoderasi variabel tingkat pendidikan, literasi keuangan syariah dan kebudayaan terhadap minat menabung santri Kota Semarang.
HADIS TENTANG JUAL BELI DAN RIBA: IMPLEMENTASI PADA SISTEM KREDIT Mhd Rasidin; Arzam Arzam; Zufriani Zufriani; Doli Witro
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.298 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v2i1.84

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai jual beli kredit yang berpotensi mengandung riba. Jual beli kredit tersebut ditelaah dari perspektif hadis tentang jual beli dan hadis tentang riba. Tulisan ini bertujuan menyoroti jual beli kredit yang dibolehkan dan tidak dibolehkan yang berangkat dari hadis-hadis tentang jual beli dan riba. Dengan melihat jual beli kredit seperti apa yang dibolehkan dalam Islam, maka diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada khalayak masyarakat yang melakukan transaksi jual beli kredit. Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat pustaka. Bahan-bahan dalam penelitian ini diambil dari bahan pustaka seperti buku dan artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas yaitu tentang implementasi hadis-hadis jual beli dan riba pada sistem kredit. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan mendapatkan keuntungan lebih dari harga normal dalam jual beli kredit, merupakan sesuatu hal yang logis, karena pada jual beli kredit ini sejatinya memberikan kemudahan bagi seluruh manusia terkhusus umat Islam ketika sedang membutuhkan sesuatu benda atau barang, namun belum mampu membelinya secara tunai sehingga menempuh jual beli secara kredit sebagai jalan alternatif.
PENGARUH PRODUK, PELAYANAN DAN MOTIVASI MENGHINDARI RIBA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH Saskia Putri; Muhammad Iqbal Fasa; Suharto Suharto
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.04 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v2i1.85

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Produk, Pelayanan dan Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Mahasiswa menjadi Nasabah Bank syariah pada Mahasiwa Ekonomi Syariah Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan 35 responden mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Keputusan Menjadi Nasabah yaitu Produk (X1), Pelayanan(X2), secara individual atau secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, sedangkan motivasi menghindari riba(X3) tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan nilai (Adjusted R Square) menunjukkan bahwa keputusan mahasiswa menjadi nasabah dapat dijelaskan simultan oleh variabel Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Motivasi Menghindari Riba(X3) sebesar 68,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RESTO & CAFÉ RUMAH LAUT JAYAPURA Risma Risma; Syaiful Muhyidin; Ira Eka Pratiwi
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.696 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i1.86

Abstract

Saat ini, keberadaan kafe dapat ditemukan di mana saja, termasuk di kota Jayapura. Salah satu kafe populer di Jayapura adalah Resto & Café Rumah Laut. Kualitas layanan dipertimbangkan dalam bisnis kafe karena terkait dengan kepuasan konsumen. Pernyataan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas layanan (bukti fisik, keandalan, tanggapan, jaminan, dan empati) mempengaruhi kepuasan konsumen di Resto & Café Rumah Laut Jayapura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen di Resto & Café Rumah Laut Jayapura. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Service Quality (SERVQUAL). Metode penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dari 60 responden Resto & Café Rumah Laut Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas layanan sebesar 63,7%, sedangkan sisanya 36,3% dijelaskan oleh faktor lain. Sementara itu, uji f menunjukkan bahwa nilai f-hitung lebih besar dari nilai f-tabel (18,919> 2,38) dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05 berarti bahwa kualitas layanan secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, hasil uji-t menunjukkan bahwa bukti fisik dan variabel jaminan secara parsial mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan tingkat signifikansi masing-masing adalah 0,048 <0,05 dan 0,009 <0,05. Sementara variabel reliabilitas memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,051, variabel respon memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,666 dan variabel empati memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,098 secara parsial tidak signifikan mempengaruhi variabel kepuasan konsumen.
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK PAPUA MENGGUNAKAN METODE RBBR (RISK BASED BANK RATING) PERIODE TAHUN 2011-2018 Eka Putri Inayah; Moh Wahib; Ira Eka Pratiwi
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.961 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i1.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatan Bank Papua periode tahun 2011-2018 menggunakan metode RBBR (Risk Based Bank Rating). Dalam penelitian ini dilakukan penilaian terhadap tiga faktor RBBR, yaitu faktor Risk Profile melalui rasio NPL dan LDR, faktor rentabilitas melalui rasio ROA dan NIM dan faktor permodalan melalui rasio CAR. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rumusan masalah ada dua, yaitu, pertama mengenai analisis tingkat kesehatan Bank Papua menggunakan metode RBBR (Risk Based Bank Rating) dan yang kedua menyangkut performa Bank papua dilihat dari indikator NPL, LDR, ROA, NIM dan CAR. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan analisis tingkat kesehatan Bank Papua menggunakan metode Risk Based Bank Rating (RBBR) melalui rasio NPL, LDR, ROA, NIM dan CAR maka kondisi tingkat kesehatan Bank Papua yaitu dapat dikategorikan berada pada predikat Sehat. Namun demikian, perkembangan nilai-nilai rasio pada Bank Papua periode 2011-2018 setiap tahunnya bergerak secara fluktuatif yang berarti perkembangannya naik turun dan pada tahun-tahun tertentu bisa mencapai angka yang kurang baik atau melebihi batas minimum nilai dari masing-masing rasio. Lalu kemudian berdasarkan indikator NPL, LDR, ROA, NIM dan CAR performa Bank Papua dikategorikan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini berdasarkan analisis tingkat kesehatan Bank Papua menggunakan metode Risk Based Bank Rating (RBBR) melalui rasio NPL, LDR, ROA, NIM dan CAR maka kondisi tingkat kesehatan Bank Papua yaitu dapat dikategorikan berada pada predikat Sehat. Kemudian berdasarkan indikator NPL, LDR, ROA, NIM dan CAR maka dapat disimpulkan bahwa performa Bank Papua dikategorikan baik.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH: Studi Kasus : Masyarakat Distrik Abepura Eko Roy Sholikin; Syaiful Muhyidin; Ira Eka Pratiwi
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.282 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i1.88

Abstract

Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Islam yaitu prinsip keadilan dan keseimbangan, serta kemaslahatan. Ada beberapa penyebab umat Islam belum menggunakan jasa bank Syariah. Diantaranya karena adanya sikap netral atau keragu-raguan dari masyarakat terhadap pemahaman akan riba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap bank Syariah studi kasus masyarakat Distrik Abepura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara kepada informan yang merupakan masyarakat Distrik Abepura Kota Jayapura. Analisis data dilakukan dengan Teknik analisis data Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat sudah mengetahui dan sudah paham Bank Syariah. Masyarakat juga sudah menabung di Bank Syariah. Meskipun demikian ada beberapa masyarakat yang tidak menabung di bank Syariah tetapi memahami tentang bank Syariah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi Masyarakat Distrik Abepura terhadap bank Syariah adalah positif atau baik.
MOTIVASI NASABAH DALAM BERTRANSAKSI RAHN PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH UNIT PASAR BARU ABEPURA Lady Afisyah Apriani; Amiirullah Amiirullah; Fachrudin Fiqri Affandy
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.037 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i1.89

Abstract

Berkembangnya waktu pada saat ini PT. Pegadaian Syariah telah menunjukkan perkembangannya secara signifikan, dengan selalu mengoptimalkan motivasi nasabah dalam bertransaksi rahn. PT. Pegadaian Syariah dalam menghadapi persaingan yaitu dengan menyediakan produk gadai yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang, dengan menyediakan produk gadai sertifikat, alat elektronik, BPKB dan emas yang merupakan layanan gadai dengan fasilitas titipan dan harga yang terjangkau. Latar belakang penelitian ini adanya persaingan ketat antara lembaga keuangan pegadaian syariah terutama terhadap pegadaian konvensional, sehingga pegadaian syariah lebih mononjolkan segi positif produknya dari pegadaian konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memotivasi nasabah dalam bertransaksi rahn dan untuk mengetahui yang dilakukan oleh pegadaian untuk memotivasi nasabah bertransaksi rahn. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memotivasi nasabah dalam bertransaksi rahn diantaranya dari pemasaran produk rahn melalui sosialisasi, brosur, pamflet atau spanduk dan minat nasabah bertransaksi rahn untuk kebutuhan. Keunggulan produk bertransaksi rahn yaitu tidak ada bunga, lebih cepat, lebih murah, biayanya rendah dan motivasi nasabah dalam bertransaksi rahn dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak, modal usaha dan biaya sekolah. Upaya yang dilakukan oleh pegadaian dalam memotivasi nasabah bertransaksi rahn diantaranya pemasaran produk rahn melalui sosialisasi, event, siaran radio, televisi, brosur, pamflet atau spanduk. Adanya minat nasabah terhadap produk rahn yaitu untuk menambah modal, mengajukan kredit mikro dan biaya sekolah. Adanya pelayanan yang baik kepada nasabah tidak ada bunga, dan motivasi bertransaksi rahn didasari pada kebutuhan.
PENGARUH INFLASI TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL PERIODE TAHUN 2015-2018: (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia.Tbk) Yayan Nasikin; Sahudi Sahudi; Amris Amris
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1081.599 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i1.91

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi terhadap profitabilitas pada bank syariah dan bank konvensional periode tahun 2015-2018 (studi kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.(Persero).Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero).Tbk). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari halaman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana menggunakan program Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inflasi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Retrun On Asset (ROA) PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.(Persero).Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero).Tbk). Namun Pengaruh tingkat inflasi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah (Persero).Tbk lebih kecil dibandingkan dengan PT. Bank Rakyat Indonesia(Persero).Tbk. hal ini disebabkan bank syariah tidak menggunakan sistem bunga melainkan menggunakan sistem bagi hasil sehingga uang yang dikelola bank syariah tidak terlalu berpengaruh apabila terjadi peningkatan inflasi. Hasil dari penelitian ini diharapakan dapat menjadi masukan bagi pihak yang berkepentingan khususnya bank syariah dan bank konvensional untuk mengambil keputusan dalam menentukan kebijakan perusahaan.
PERSEPSI NASABAH TERHADAP PROGRAM TABUNGAN RENCANA BERHADIAH PADA BANK MUAMALAT KCP ABEPURA Abd Karman; Nur Afifah
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.132 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i1.92

Abstract

Sebagai bank umum syariah pertama di Indonesia, sejak tahun 1992 Bank Muamalat selalu mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai bank yang menyediakan program dan layanan yang berdasarkan prinsip syariah salah satunya program BPS TRB (Bank Penerima Setoran Tabungan Rencana Berhadiah) yang dikembangkan pada tahun 2017 dengan jumlah nasabah secara keseluruhan sejak tahun 2017-2020 adalah 306 nasabah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana mekanisme program tabungan rencana berhadiah pada Bank Muamalat KCP Abepura dan Bagaimana persepsi nasabah terhadap program tabungan rencana berhadiah pada Bank Muamalat KCP Abepura. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme tabungan rencana berhadiah dan menganalisis persepsi nasabah terhadap program tabungan rencana berhadiah pada Bank Muamalat KCP Abepura. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan akan diintrepresentasikan dan dianalisis sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder.Metode observasi, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk memperoleh data yang lengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme tabungan rencana berhadiah dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang telah diterapkan, mudah dimengerti oleh nasabah dan akad yang digunakan sesuai syariat Islam yaitu akad mudharabah (bagi hasil) dimana nasabah akan memperoleh nisbah 7,5% setiap bulannya. Persepsi nasabah terhadap program tabungan rencana berhadiah dianggap sangat baik dan menguntungkan, karena program tersebut dapat membantu nasabah untuk mengatur rencana keuangan dikemudian hari dengan tujuan untuk masa depan anak.
ANALISIS HARGA SUATU BARANG DI LINGKUNGAN MASYARAKAT Nezella Ningrum Diah Fatmala
EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.349 KB) | DOI: 10.53491/elmudhorib.v1i2.101

Abstract

Dalam dunia perdagangan harga merupakan suatu bagian terpenting bagi seorang pedagang. karena, harga merupakan alat ukur yang dapat dijadikan sebagai patokan nilai suatu barang. dengan adanya pola distribusi barang disuatu daerah maka tingkat harga sangat mempengaruhi permintaan dan penawaran barang ditingkat konsumen. terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses penetapan suatu harga yaitu harga dari bahan baku, biaya produksi barang, biaya pemasaran produk, peraturan yang dibuat oleh pemerintah, harga produk yang sejenis dijual oleh pesaing, dan diskon bagi distributor dan konsumen. dengan kata lain harga adalah jumlah nilai tukar yang dapat disamakan dengan uang atau barang lain yang senilai dan dapat digunakan untuk mendapatkan suatu produk maupun layanan yang dibutuhkan oleh seorang konsumen. adapun tujuan dari kesepakatan harga adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Page 1 of 4 | Total Record : 35