SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal SeBaSa

THE NEED ANALYSIS OF LEARNING ASSESMENT MODULE WITH LEARNING CYCLE 7E MODEL

Uki Hares Yulianti (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Model learning cycle 7E merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan pada pandangan konstruktivisme. Dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik secara optimal dapat dilakukan dengan memberikan materi dan serangkaian tugas dengan menggunakan modul sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan) dari Borg dan Gall (1983:775–776) dengan tahap: (a) research and information collecting, (b) planning, (c) develop preliminary form of product, (d) preliminary field testing,(e) main product revision, (f) main field testing, (g) operational product revision, (h) operational field testing, (i) operational product revision, (j) operational field testing (k) final product revision, dan (l) dissemination and implementation. Upaya kebutuhan penelitian ini disesuaikan dengan tujuan dan kondisi penelitian yang sebenarnya. Hasil observasi, wawancara, pengisian angket, dan FGD (Focus Group Discusion). Hasil dari penelitian: menghasilkan analisis kebutuhan modul evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan model Pembelajaran Learning Cycle 7E yaitu (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, dan Extend) (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, dan Extend). Analisis yang dilakukan menghasilkan mahasiswa dan dosen membutuhkan modul evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan model pembelajaran learning cycle 7E yang disesuaikan dengan kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaanKeywords: Modul, Evaluasi Pembelajaran, Learning Cycle, Analisis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sbs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil ...