Abstrak: Menurunnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi olah raga pada masa pandemi Covid-19 sangat besar yang ditandai dengan menurunnya rata-rata nilai siswa. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya inovasi media pembelajaran pada masa pandemi saat ini yang masih mengandalkan media presentasi yang tidak dilengkapi dengan gambaran yang jelas, sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi pembelajaran terutama olah raga yang penuh dengan materi praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan layak di gunakan untuk pembelajaran siswa hingga saat ini. Kata kunci: Sistem Informasi, Olahraga, Pandemi, Research and Development, Android Abstract: The decline in the level of students' understanding of sports material during the Covid-19 pandemic was very large, which calculated the decrease in the average student's score. This is due to the lack of innovative learning media during the current pandemic who still rely on media presentations that are not equipped with clear descriptions, making it difficult for students to understand learning materials, especially sports which are full of practicum material. This research is a research and development (R&D) which uses the ADDIE model, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results show that the system can run well and is feasible to use for student learning to date. Keywords: Information Systems, Sports, Pandemic, Research and Development, Android
Copyrights © 2021