Jurnal Kumparan Fisika
Vol. 4 No. 3: Desember 2021

HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Indri Pratiwi (Universitas Sriwijaya)
Sardianto Markos Siahaan (Universitas Sriwijaya)
Syuhendri Syuhendri (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan konsep dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada materi Dinamika Gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di salah satu Madrasah Aliyah (MA) kota Prabumulih. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA, yakni sebanyak tiga kelas, dengan satu kelas sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif penguasaan konsep diperoleh melalui pemberian tes secara online dengan bentuk pilihan ganda. Tes diberikan sebanyak dua kali, yakni pre-test dan post-test. Data kuantitatif sikap ilmiah didapat melalui lembar observasi yang diamati selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa terdapat hubungan penguasaan konsep dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada materi Dinamika Gerak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kumparan_fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal ini adalah artikel penelitian terhadap pembelajaran fisika dan keilmuan ...