JURNAL KONSELING GUSJIGANG
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2019

Peningkatan Interaksi Sosial Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama

Muhammad Imam (SMP Negeri 2 Karangawen)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi siswa SMP Negeri 2 Karangawen Demak melalui layanan bimbingan klasikal. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VII A sebanyak 23 siswa. Berdasarkan data skala sikap, observasi yang dianalisis secara deskriptif bahwa terdapat siswa yang kurang dapat berinteraksi sosial yakni sebesar 48% dari 23 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala interaksi sosial berdasarkan teori Partowisastro (1983) dengan jumlah item yang dimodifikasi penulis menjadi 40 item. Dari penelitian ini indikator keberhasilan yang harus dicapai adalah 100%. Dalam penelitian ini bahwa adanya peningkatan kemampuan berinteraksi sosial teman sebaya siswa SMP Negeri 2 Karangawen Demak melalui bimbingan klasikal. Data menunjukkan bahwa kemampuan berinteraksi sosial subjek meningkat yang terlihat dari hasil posttest 2 . Sebelum dilakukan layanan, 11 siswa masuk dalam kategori rendah, dan 8 siswa masuk dalam kategori sedang, dan 4 siswa masuk dalam kategori tinggi. Dalam tindakan penulis melakukan siklus I dan siklus II. Dalam siklus I, ada 4 siswa (17%) berkategori rendah, ada 10 siswa (43%) berkategori sedang dan 9 siswa (40%) berkategori tinggi, masih ada siswa yang skornya dibawah 53 yaitu ada 4 siswa (17%) . Setelah dilakukan siklus II, 100% subjek penelitian dan berkategori sedang hingga tinggi yakni 10 siswa (43%) dalam kategori tinggi dan 13 siswa (57%) dalam kategori sedang. Kesimpulannya adalah bahwa bimbingan klasikal dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangawen Demak.

Copyrights © 2019