cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL KONSELING GUSJIGANG
ISSN : 24601187     EISSN : 2503281x     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 257 Documents
Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Dwikurnaningsih, Yari
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v4i2.2776

Abstract

This study aimed to describe guidance and counseling management in Senior High School and Vocational School in Salatiga. The type of this study was a quantitative descriptive. The subjects of this research were 69 school counselor of Senior High and Vocational School in Salatiga. Data was collected by using questionnaire, and was analyzed in quantitative term by calculating the presentage of the range from 5 categories, namely: very good, good, average, poor, and very poor. The result of the study showed that, guidance and counseling program planning was categorized average with 65,22%, guidance and counseling program organizing was categorized good with 57,97%, guidance and counseling program implementation was categorized very good with 49,28%, and guidance and counseling program evaluation was categorized average with 73,91%. The result became the basis for providing a recommendation for school counselor in increasing the guidance and counseling program planning and evaluation.
KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR DALAM PENYELENGGARAAN PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING Anisah, Laelatul
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2016
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v2i1.557

Abstract

?Unjuk kerja konselor sangat dipengaruhi oleh kualitas penguasaan ke empat kompetensi tersebut yang dilandasi oleh sikap, nilai, dan kecenderungan pribadi yang mendukung. Kompetensi akademik dan profesional konselor secara terintegrasi membangun keutuhan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi konselor berdasarkan standar kualifikasi akademik terdiri dari empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Dimana masing-masing kompetensi memiliki makna yang berbeda yang harus dimiliki oleh seorang konselor/ guru BK. Kompetensi pedagogik berkaitan dengan pengelolaan proses pelayanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa; kompetensi kepribadian berkaitan dengan etika akademik seorang konselor/ guru BK dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling; kompetensi sosial berkaitan dengan komunikasi dalam melakukan pelayanan bimbingan dan konseling; dan kompetensi profesional berkaitan dalam menguasai bidang keilmuan bimbingan dan konseling. Kompetensi profesional seorang konselor/ guru BK dalam menguasai bidang keilmuan bimbingan dan konseling seorang konselor/ guru BK mampu melaksanakan penelitian bimbingan dan konseling guna meningkatkan mutu pelayanan bimbingan dan konseling, salah satunya yaitu dengan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK)
PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA Kurniawan, Drajat Edy
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2017
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.434 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v3i1.1120

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Semester II Angkatan Tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Bk Semester II Angkatan Tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta dengan sampel sebanyak 32 Mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi regression adalah sebesar 0,000. Mengacu pada kriteria hasil uji hipotesis maka nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena hipotesis penelitian sudah teruji kebenarannya yaitu ada pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada Mahasiswa BK Semester II angkatan tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta. Saran yang diajukan yaitu mahasiswa diharapkan dapat mengurangi intensitas bermain game online agar tidak berperilaku prokrastinasi akademik..Kata kunci: Game online, prokrastinasi akademik
Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Dsikusi Kelompok Untuk Mengurangi Kecenderungan Cinderella Complex Siswi SMA Arifin, Deasy Dwi Cahyaningtyas
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v4i1.2332

Abstract

Group guidance is an aid to individuals carried out in group situations. Group guidance can be the delivery of information or group activities to discuss issues of education, work, personal, and social. Group discussion is a planned conversation between three or more people in order to solve a problem or to clarify a problem, under the leadership of a leader. In this research will use group discussion. The use of group discussions for students with a cinderella complex helps their students to share with each other. Cinderella complex is a stance and feeling that is mostly depressed so that women can not and do not dare to fully utilize the ability of the brain and creativity.
PENGEMBANGAN MODEL KOLABORASI JIGSAW ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA SISWA KELAS V SD PADA PELAJARAN IPS Ika Ari Pratiwi
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.389 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i2.411

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan model kolaborasi jigsaw, role playing untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama siswa yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R And D). Tahap uji coba pengembangan terdiri atas uji coba ahli, uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Keefektifan model kolaborasi jigsaw role playing diperoleh rata-rata 51,83 dalam kategori baik diterapkan dalam pelajaran IPS, peningkatan kemampuan bekerjasama siswa hasil N-gain = 0,56 dengan kategori sedang, peningkatan hasil belajar IPS N-gain = 0,50 dengan kategori sedang dan hasil ketuntasan klasikal pembelajaran IPS 97,14%. Hasil respon guru dan siswa terhadap model yang digunakan adalah berkriteria baik. Model final penelitian ini menghasilkan model kolaborasi jigsaw role playing yang dikemas dalam suatu buku pedoman.
STRENGTHENING COUNSELORS SPIRITUALITY IN FACING ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) Rozikan, Muhamad
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2017
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.934 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v3i1.825

Abstract

There is an anxiety to face ASEAN Economic Community (AEC). This is natural reaction when we see our readiness to face competition compared with other ASEAN countries. Such manner already exists since the inception of ASEAN in 1967. The anxiety would be a reasonable thing to the enactment of MEA, considering not all the people know what the MEA is. The survey results indicate that the stakeholder both the central government, local government, academia, and society in this country is still relatively have low understanding and knowledge about the ASEAN Economic community (AEC). It is ironic, other ASEAN countries has been intensely preparing steps needed to face AEC, while the majority of the Indonesian people do not know what it is. Modern life along with science, technology and economic progress experienced by Western nations turned out to have caused various situations of life that does not give happiness and a growing sense of inner emptiness. The counselor existence in the counseling today, should be able to develop its human resources, so it is able to answer the problem to encounter global competition of ASEAN Economic Community (AEC). Spiritual counseling and guidance counselors as an alternative solution to deal with the AEC which fully loaded with interest and ability/professionalism in various occupations faced.
Biblio Counseling To Reduce The Effectiveness Of Student Academic Procrastination Force Of Guidance And Counseling Prakoso, Erik Teguh; Kristianti, Wida Reni
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v4i1.2322

Abstract

Academic Procrastination is a manifestation form of avoidance in a task that should be done by an individual. Procrastinator deliberately to delay the work or tasks that should be solved. This study use a quantitative approach to design Quasi Experiment patterns  pretest and posttest Group. The subjects in this study is the Student Guidance and Counseling Program 2015 University Kanjuruhan Malang forces amounting to 5 students. The research instrument uses a scale of academic procrastination. The results showed that based on the analysis of different test Wilcoxon between pretest and posttest generate value significant (two-tailed) smaller than 0.05 is 0.043, which means the provision of treatment through counseling biblio effective to reduce the level of student academic procrastination. Based on the results of data presentation can be concluded that the study subjects experienced the difference after the treatment is done, so it can be said that the biblio effective counseling to reduce the level of academic procrastination.
MANAJEMEN PENCITRAAN LAYANAN BIMIMBINGAN KONSELING DI MA SITI MARIAM BANJARMASIN Jarkawi Jarkawi
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.582 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i2.403

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk memperoleh gambaran dan menjelaskan hal-hal penting dalam mengelola jasa manajemen pencitraan Siti Mariam MA BK di Banjarmasin, dengan fokus pada faktor-faktor internal dan eksternal, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai standar manajemen pendidikan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor internal infrastruktur yang memadai, kualitas guru BK sesuai dengan minimum akademik standar diploma S1. Sekolah memiliki ruang BK sebagai tambahan layanan perbaikan citra faktor. Faktor eksternal yang kondisi lingkungan yang luas dengan penduduk yang relatif besar, tapi sangat mendukung sebagai penyeimbang untuk mencapai layanan pencitraan BK optimal. Kondisi kelas dan ketersediaan faktor lain yang memberikan kontribusi untuk mewujudkan layanan pencitraan membentuk BK
MENINGKATKAN NILAI KESOPANAN OLEH GURU PEMBIMBING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMA PONTIANAK Ema Sukmawati
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2016
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.413 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v2i2.697

Abstract

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tahapan-tahapan layanan bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. Bimbingan kelompok dinilai berhasil dan dapat meningkatkan nilai kesopanan pada siswa Sekolah Mengah Pertama dengan kategori baik. Dengan hasil penelitian ini disarankan, (1) dalam pelaksanaan bimbingan kelompok, guru pembimbing diharapkan dapat meningkatkan proses pelaksanaan tahapan kegiatan bimbingan kelompok terutama pada tahap pembentukan dan tahap kegiatan agar pelaksanaan bimbingan kelompok menjadi semakin efektif dan lebih baik. (2) dalam pelaksanaan tindakan sebaiknya guru pembimbing dapat meningkatkan kemampuan dalam teknik eksplorasi masalah peserta didik dengan tetap bersikap pasif reflektif agar tercapai tujuan kemandirian yang ada didalam bimbingan kelompok . (3) dikarenakan kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi peserta didik, maka diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sebagai salah satu strategi pengentasan masalah peserta didik.
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUSI MENJAGA DAN MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL Aprezo Pardodi Maba; Hernisawati Hernisawati; Ahmad Mukhlishin
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2017
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v3i2.1736

Abstract

Islamic guidance and counseling in Indonesia has existed since first pesantren established, but at that time, had not known the term of “guidance and counseling”. The practice tended to be implicit in many cultural practices which characterized by therapeutic relationship. Along with the inclusion of guidance and counseling in Indonesia, which later developed rapidly, there was arised awareness of the limitations and contradictions of some western approaches to the Islamic values, then the world and Indonesian muslim experts in guidance and counseling began to develop a new approach called Islamic guidance and counseling. Present day, Islamic guidance and counseling has become one of the most effective approaches to alleviate various problems to restore and maintain counselee mental health

Page 1 of 26 | Total Record : 257