Jurnal Analisa
Vol 7, No 2 (2021): Volume 7 Nomor 2 Tahun 2021

Analisis Kesulitan Belajar Aljabar Linear Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

Anisatul Farida (Duta Bangsa University)
Ratna Puspita Indah (Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa, Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring mata kuliah aljabar linear pada masa pandemi COVID-19 semester genap 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Prodi Teknik Informatika di salah satu kampus yang berada di Surakarta yang mengambil mata kuliah Aljabar Linear. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah Wawancara think aloud. Pengolahan data dengan teknik analisis deskriptif. Subjek dapat benar-benar menyuarakan apa yang dialami dan dipikirkan selama pembelajaran dalam wawancara jenis ini. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi beberapa kesulitan belajar yang digolongkan menjadi sarana prasarana, kesulitan habituasi dan minat, serta faktor pengajar. Untuk menunjang percepatan kebiasaan baru mahasiswa dalam pembelajaran daring diperlukan pengembangan strategi pembelajaran agar kesulitan-kesulitan tersebut dapat teratasi.  Selain itu, pengajar (dosen) juga harus meningkatkan kualitas pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan kesulitan teknis yang dihadapi. The purpose of this research is to identify the type of students' learning difficulty in online learning of linear algebra in 2020/2021. The type of this research is descriptive qualitative research. The subjects in this research are students of technical information from one of the universities in Surakarta who took a linear algebra course. The instrument used to collect data in this research is the think-aloud interview. The data is processed by descriptive analysis techniques. This type of interview allowed subjects to explain the reality of what they experienced from learning. The results of the analysis show that college students are facing some difficulty learning grouped into infrastructure difficulty, habituation difficulty, and interest learning, also the teachers. To overcome the difficulties, it is needed development strategy which can support the adaption of students in online learning. In addition, the lecturer (teacher) must also improve the quality of instruction varies based on technical difficulties.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...