Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 3, No 3 (2020): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Aplikasi Merode Bernyanyi ( Singing Method ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Alat Peraga dalam Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Balikpapan Utara

Jumiati, Jumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Pada proses pembelajaran, metode pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar, juga dapat memotivasi dan merangsang keaktifan siswa. Maka dari itu dilakukanlah penelitian ini yang dilaksanakan di SD Negeri 009 Balikpapan Utara   pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas I SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode bernyanyi (Singing Method) dengan alat Peraga. Penelitian  ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan kelas. Instrumen penelitian ini diperoleh dari data perkembangan siswa seperti observasi aktivitas siswa selama proses belajar mengajar.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan motivasi siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Bernyanyi (Singing Method) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa Kelas I SD Negeri 009 Balikpapan Utara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...