eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 5 No 2 (2021): Desember

KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA COVID-19 PADA KELAS IV DI MIS MANDE KOTA BIMA

Emi Ermawati (IAI Muhammadiyah Bima)
Umar Umar (IAI Muhammadiyah Bima)
Taman Firdaus (IAI Muhammadiyah Bima)
Aidin Aidin (STKIP AL-AMIN)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kesulitan guru dalam pembelajaran daring pada kelas IV masa Covid-19 di MIS Mande Kota Bima. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data para guru wali kelas dan kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan tekni wawancara, observasi dan dokumenatsi objek penelitian. Analisis data penelitian diolah secara naratif meliputi tahap reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penetilitian menunjukan bahwa guru kelas IV di MIS Mande Kota Bima mengalami berbagai kesulitan ketika menerapkan pembelajaran daring, diantaranya fasilitas tidak memadai dalam proses pembelajaran daring, peserta didik kesulitan mempelajari dan memahami materi yang banyak dalam waktu yang relatif singkat. Adapun faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran yang dihadapi guru kelas IV di MIS Kota Bima seperti; kurangnya kuota internet sehingga pembelajaran daring tidak tercover dengan baik, peserta didik merasa jenuh selama pelajaran daring, peserta didik merasa sulit untuk mengakses internet, dan sebagian besar peserta tidak memiliki aplikasi WhatsApp sebagi penunjang pembelajaran daring. Selanjutnya untuk meminimalisir kesulitan yang dihadapi guru dalam pelaksaan pembelajaran daring pada kelas IV di MIS Mande Kota Bima, pihak sekolah dan guru melakukan beragaam upaya sederhana seperti membagun 5 TPA di setiap lingkungan agar bisa menjangkau peserta didik, melakukan kunjungan di berbagai rumah murid yang dapat di jangkau, dan membagikan kopian setiap mata pelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...