Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika yang komunikatif melalui pendekatan kontekstual pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil 90,00%, ahli bahasa diperoleh 80,00%, dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan dengan pendidik bidang studi matematika dan siswa. Respon guru matematika Diperoleh persentase 85,33% dengan kriteria “Sangat Menarik”, untuk mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan dilakukan uji coba luas ke siswa, dengan hasil respon siswa menunjukkan persentase 80,67% dengan kriteria “Menarik”. Hasil penilaian dari respon pengguna menyatakan modul yang dikembangkan menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2021