Peningkatan kualitas video pada e-learning merupakan topik penelitian yang sedang hangat dibicarakan. Beberapa penelitian tentang video pada e-learning lebih banyak berfokus pada konten. Sedangkan cara pengiriman video kepada pengguna e-learning yang memiliki kualitas sinyal beragam belum banyak diteliti. Penelitian ini mengajukan ide pengiriman video pembelajaran berdasarkan prinsip H.264/SVC dan memanfaatkan karakteristik pengguna e-learning berdasarkan kualitas sinyal yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas video yang diterima pengguna e-learning dimanapun berada berdasarkan proportional fairness. Pertama, rumusan masalah dituliskan secara matematis kemudian diselesaikan dengan adaptive bitrate streaming (ABS) sesuai dengan proportional fairnessi berdasarkan algoritma greedy. Simulasi dilakukan untuk menguji kinerja metode yang ditawarkan. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa ABS dapat meningkatkan kualitas video yang diterima pengguna e-learning.
Copyrights © 2017