Media Manajemen Pendidikan
Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021

Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Rejodani Sleman

Retno Dwi Wiranti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mengetahui perencanaan gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 2) Untuk mengetahui pengorganisasian gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 3) Untuk mengetahui pelaksanaan gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 4) Untuk mengetahui pengawasan gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 5) Untuk mengetahui hasil manajemen gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Rejodani Sleman. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, komite, dan orang tua siswa. Sumber data pendukung adalah dokumen kurikulum dan laporan kegiatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Miles dan Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pengelolaan manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya material, sumber daya metode, sumber daya sarana prasarana, sumber daya hasil, dan sumber daya waktu di SDN Rejodani Sleman dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.         

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Media Manajemen Pendidikan merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang kependidikan dan manajemen pendidikan yang berasal dari hasil penelitian ataupun kajian teori. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Februari, Juni, dan Oktober oleh Program Studi Manajemen ...