Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Vol 10, No 3: Desember 2021

Implementasi Finite State Machine Pada Karakter NPC Musuh Dalam Game Adventure In Java

Argia Pranselga (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Iwan Rizal Setiawan (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Winda Apriandari (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Dalam industri game terdapat banyak inovasi yang dapat di implementasikan pada sebuah game, salah satu diantaranya adalah mengimplementasikan kecerdasan buatan pada karakter Non Playable Character (NPC) agar game lebih hidup dan tidak membosankan saat dimainkan. Game bergenre Role Playing Games (RPG) adalah salah satu Game yang dapat mengimplemetasi-kan kecerdasan buatan, dimana player mengontrol penuh aksi dari karakter di dalam sebuah dunia viksi dalam video game. Kecerdasan buatan yang dikembangkan dalam game ini yaitu mengimplementasikan Finite State Machine yang akan digunakan untuk merancang dan mengatur respon perilaku dari Non Player Character (NPC) musuh untuk menyergap, menyerang, mengejar dan bertarung dengan player agar respon dari NPC musuh dapat di tentukan berdasarkan interaksi yang dilakukan oleh player. Hasil uji penelitian ini menunjukan bahwa Finite State Machine dapat memberikan kecerdasan buatan kepada perilaku dan sifat karakter NPC musuh berdasarkan interaksi yang dilakukan oleh player sehingga game terasa lebih hidup dan tidak membosankan.Kata kunci: Game Adventure, Finite State Machine, Role Playing Games, Non-Playable Character Abstract. In the game industry, there are many innovations that can be implemented in a game, one of which is implementing artificial intelligence on Non-Playable Character (NPC) characters so that the game is more lively and not boring when played. Game genre Role Playing Games (RPG) is one game that can implement artificial intelligence, where the player fully controls the action of the characters in a fictional world in video games. The artificial intelligence developed in this game is to implement the Finite State Machine which will be used to design and regulate the behavioral response of the enemy's Non-Player Character (NPC) to ambush, attack, chase and fight with players so that the response of the enemy NPCs can be determined based on the interactions that occur. done by the player. The test results of this study indicate that the Finite State Machine can provide artificial intelligence to the behavior and character traits of enemy NPCs based on interactions made by players so that the game feels more alive and not boring.Keywords: Game Adventure, Finite State Machine, Role Playing Games, Non-Playable Character

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jutisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah Jurnal Ilmiah bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara periodik tiga nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Redaksi Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem ...