Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada kelas VII-B SMPN 12 Kota Bima yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus dan setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I skor rata-rata aktivitas adalah 12,4yang berkategori cukup aktif dan ketuntasan belajar peserta didik adalah 61,7%, siklus II skor rata-rata aktivitas adalah 14,2 yang berkategori aktif dan ketuntasan belajar peserta didik adalah 73%,dan siklus III skor rata-rata aktivitas adalah 15,3 yang berkategori aktif dan ketuntasan belajar peserta didik adalah 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 12 Kota Bima.
Copyrights © 2019