Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu di SDN 17 Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode desktiptis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada, 2) faktor pendukung pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik dapat menghadirkan suatu pembelajaran yang aktif dan inovatif, 3) faktor pengahambat pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu adalah cara penyampaian guru agar peserta didik dapat mengintegrasikan satu pembelajaran dengan pembelajaran lainnya.
Copyrights © 2022