Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis mahasiswa dalam menggunakan subject-verb agreement di STKIP Bina Bangsa Getsempena. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa semester II STKIP Bina Bangsa Getsempena yang berjumlah 19 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (tes) dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan subject-verb agreement oleh mahasiswa dan persepsi dosen terhadap kemampuan mahasiswa dalam menggunakan subject-verb agreement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa masih rendah dalam menggunakan subject-verb agreement, dimana mahasiswa sulit membedakan subject/verb tunggal dan jamak. Data analisis menunjukkan lebih dari 50% mahasiswa tidak mampu menggunakan kata kerja sesuai dengan subjek yang tersedia untuk kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, lebih dari 40% mahasiswa mampu memilih kata kerja yang tepat untuk kalimat yang disediakan dalam soal tes. Hal ini dapat disimpulkan bahwa setengah dari sampel tidak mampu menyelesaikan tes dengan kualifikasi yang cukup untuk penggunaan aturan subject-verb agreement.
Copyrights © 2021