Tujuan dalam pengembangan ini adalah untukmenghasilkan modul berbasis kontekstual terintegrasi pendidikankarakter yang valid. Materi yang digunakan adalah alat pembayaranyang di kaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitianini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada modelADDIE menurut Branch menyatakan bahwa tahapan ADDIEmerupakan perpanjangan dari analysis, design, development,implementation, dan evaluation. Tehnik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukanmenunjukkan modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteriasangat layak, ditinjau dari kelayakan materi sebesar 82,6%, kelayakanmedia sebesar 90,6%, kelayakan bahasa sebesar 89,3%. Hasil uji cobakelompok kecil mendapatkan respon positif sebesar 88,37%, dan ujicoba lapangan pada 25 orang peserta didik mendapatkan responpositif sebesar 87% sehingga modul sangat layak digunakan sebagaibahan ajar.
Copyrights © 2020