Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER MATERI ALAT PEMBAYARAN SMA NEGERI 2 SEKAMPUNG

Indah Kartika Putri (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ningrum Ningrum (Universitas Muhammadiyah Metro)
Wakijo Wakijo (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2020

Abstract

Tujuan dalam pengembangan ini adalah untukmenghasilkan modul berbasis kontekstual terintegrasi pendidikankarakter yang valid. Materi yang digunakan adalah alat pembayaranyang di kaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitianini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada modelADDIE menurut Branch menyatakan bahwa tahapan ADDIEmerupakan perpanjangan dari analysis, design, development,implementation, dan evaluation. Tehnik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukanmenunjukkan modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteriasangat layak, ditinjau dari kelayakan materi sebesar 82,6%, kelayakanmedia sebesar 90,6%, kelayakan bahasa sebesar 89,3%. Hasil uji cobakelompok kecil mendapatkan respon positif sebesar 88,37%, dan ujicoba lapangan pada 25 orang peserta didik mendapatkan responpositif sebesar 87% sehingga modul sangat layak digunakan sebagaibahan ajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...