cover
Contact Name
Sangidatus sholiha
Contact Email
sangidatus@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sangidatus@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27465578     EISSN : 27465586     DOI : http://dx.doi.org/1024127
EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in Indonesia
Articles 30 Documents
PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 METRO Oktafiana, Eka; Ratnawuri, Triani; Pritandhari, Meyta
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1465.904 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.368

Abstract

Modul ekonomi mengacu pada pembelajaran berbasispendekatan saintifik. Pendekatan saintifik mempunyai kriteria prosespembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan dan mengomunikasikan. Modul dirancang untukbelajar secara mandiri oleh peserta didik. Hasil pra survei pada gurudan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Metro menunjukkan bahwabahan ajar yang digunakan adalah buku cetak. Penelitimengembangkan modul ekonomi berbasis pendekatan saintifik yangvalid, praktis dan efektif digunakan oleh peserta didik. Pengembanganmodul ekonomi berbasis pendekatan saintifik ini menggunakan modelpengembangan 4-D, yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define(Pendefinisian), Design (Perancangan), Development(Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Hasil analisispenilaian ahli desain adalah 93% dengan kriteria sangat validdigunakan dan analisis penilaian ahli materi adalah 83% dengankriteria sangat valid. Uji coba kepraktisan produk oleh peserta didikadalah 86% dengan kriteria sangat praktis digunakan dan hasil teskeefektifan produk oleh peserta didik adalah 86% dengan kriteriasangat efektif digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodul ekonomi berbasis pendekatan saintifik adalah modul ekonomiyang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI KOPERASI SMA MUHAMMADIYAH PRINGSEWU Suciati, Eni; Ratnawuri, Triani; Dewi, Tiara Anggia
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1467.311 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.369

Abstract

Bahan ajar yang dipakai di SMA Muhammadiyah Pringsewu hanyabuku cetak dengan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menuntutpeserta didik untuk berpikir kritis, logis, kreatif, dan mampumenyelesaikan masalah. Maka diperlukan bahan ajar lain yangdapat menjadi sumber belajar, dapat membantu keterlibatanpeserta didik dalam proses pembelajaran dan dapat melatih pesertadidik untuk berpikir tingkat tinggi. Salah satu bahan ajar yang dapatdigunakan oleh pendidik yaitu Lembar kerja Peserta Didik (LKPD)Berbasis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan daripengembangan ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja yangvalid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan atau Research and Development (R&D) denganmenggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define,Design, Development, Disseminationt. Hasil penelitian menunjukanbahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Soal HigherOrder Thinking Skills (HOTS) valid untuk digunakan dalam prosespembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media dengan presentase90,66% kategori sangat valid, ahli materi dan soal denganpresentase 86,66% kategori sangat valid, ahli bahsa denganpresentase 78% kategori valid, hasil uji coba produk Lembar KerjaPeserta Didik (LKPD) Berbasis Soal Higher Order Thinking Skills(HOTS) kepada peserta didik dengan presentase 81,06% kriteriasangat praktis, hal ini menunjukan bahwa lembar kerja tersebutsudah dapat digunakan sebagai bahan ajar ekonomi. Berdasarkanrekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar KerjaPeserta Didik (LKPD) Berbasis Soal Higher Order Thinking Skills(HOTS) merupakan lembar kerja yang valida dan praktis untukdigunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER MATERI ALAT PEMBAYARAN SMA NEGERI 2 SEKAMPUNG Putri, Indah Kartika; Ningrum, Ningrum; Wakijo, Wakijo
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1173.05 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.370

Abstract

Tujuan dalam pengembangan ini adalah untukmenghasilkan modul berbasis kontekstual terintegrasi pendidikankarakter yang valid. Materi yang digunakan adalah alat pembayaranyang di kaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitianini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada modelADDIE menurut Branch menyatakan bahwa tahapan ADDIEmerupakan perpanjangan dari analysis, design, development,implementation, dan evaluation. Tehnik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukanmenunjukkan modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteriasangat layak, ditinjau dari kelayakan materi sebesar 82,6%, kelayakanmedia sebesar 90,6%, kelayakan bahasa sebesar 89,3%. Hasil uji cobakelompok kecil mendapatkan respon positif sebesar 88,37%, dan ujicoba lapangan pada 25 orang peserta didik mendapatkan responpositif sebesar 87% sehingga modul sangat layak digunakan sebagaibahan ajar.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU SMART CARD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI I GUNUNG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Widiastuti, Linda; Ratnawuri, Triani; Wakijo, Wakijo
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1149.202 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.371

Abstract

Pembelajaran di SMA Negeri 1 Gunung Agung masihmenggunakan model pembelajaran konvensional. Diamati melaluikualitas pembelajaran dari segi proses dan hasil, peserta didik kurangberperan aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga penguasaanmateri yang disampaikan masih cukup kurang. Saat gurumenyampaikan materi banyak peserta didik yang kurang kondusif,seperti mengobrol dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Hal inimengakibatkan hasil belajar ekonomi peserta didik SMA Negeri 1Gunung Agung terbilang masih rendah. Penelitian ini dilakukandengan upaya untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pesertadidik. Dengan adanya alternatif model pembelajaran yang dapatmempengaruhi hasil belajar yaitu dengan menggunakan modelpembelajaran tipe NHT berbantu smart card. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi EksperimentalDesign) dengan bentuk desain eksperimen jenis Non-equivalentControl Group Design. Desain ini kelompok kelas eksperimen dankelas kontrol tidak dipilih secara random. Hasil analisis padapenelitian mengungkapkan bahwa, hasil penelitian yang dilakukanmenyatakan hipotesisnya diterima apabila nilai thitung>ttabelpada tarafsignifikan 5% yaitu diperoleh nilai 11,55>1,70. Peserta didik yangtuntas dengan KKM yaitu 65 setelah diberikan treatment denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadTogether (NHT) berbantu Smart Card, berjumlah 17 peserta didik(70,85%). Sedangkan yang belum tuntas berjumlah 7 peserta didik(29,17%). Dengan demikian hipotesisnya berbunyi: “Adanya pengaruhpositif dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Head Together (NHT) berbantu Smart Card terhadap HasilBelajar Ekonomi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gunung Agungtahun pelajaran 2018/2019”.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Handayani, Mira; Ratnawuri, Triani; Budiarti, Yesi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1630.596 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.372

Abstract

Bahan ajar menjadi salah satu kebutuhan yang penting danharus dipenuhi dalam proses pembelajaran. Bahan ajar wajibdigunakan baik oleh guru maupun peserta didik dalam prosespembelajaran. Hasil pra survei terhadap bahan ajar yang digunakandi SMAN 5 Metro, peneliti menemukan beberapa masalah yaitupenggunaan bahan ajar yang kurang variatif dalam pembelajarandan terbatasnya gambar dalam buku ajar sehingga peserta didikkurang antusias dalam proses pembelajaran. Sehingga dibutuhkanbahan ajar yang dapat menarik perhatian peserta didik sepertihalnya leaflet. Bahan ajar leaflet di desain semenarik mungkin dandibuat dengan bentuk yang praktis agar peserta didik dapat lebihantusias dalam belajar dan memahami materi yang terdapat dalammatari pelajaran ekonomi. Model pengembangan yang digunakanadalah model ADDIE yang meliputi beberapa tahap diantaranya:analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.Berdasarkan hasil pengembangan bahan ajar leaflet pada matapelajaran ekonomi diketahui hasil rekapitulasi data yang telahdilakukan oleh ahli materi bahan ajar leaflet sudah memenuhikriteria sangat layak dengan skor rata-rata 90% dan oleh ahli desainjuga memenuhi kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 83,3%maka, produk yang dihasilkan sudah menjadi produk yang valid.Selanjutnya uji kelayakan oleh peserta didik kelas X IPS1 SMAN 5Metro mendapatkan kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 90%maka, produk yang dihasilkan sudah menjadi produk yang praktis.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar leaflet adalahbahan ajar yang valid dan praktis untuk digunakan dalam prosespembelajaran.
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS VII MTS MUQORUL IKHSAN PESAWARAN Agustin, Hesti; Ningrum, Ningrum; Suprihatin, Siti
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1322.205 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.414

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga IPS danpenelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaranyang valid dan layak digunakan serta dapat memenuhi kebutuhansiswa sesuai dengan perkembangan kurikulum 2013. . Ahli yangmenguji kelayakan alat peraga IPS terdiri dari dua orang yaitu ahlimateri dan ahli media, serta tanggapan siswa. Penelitian inimenggunakan prosedur penelitian dan model pengembangan yangdiusulkan pada tahun 1990-an dikembangkan oleh Reiser danMollenda, Model ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5tahapan pengembangan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan,Implementasi, dan Evaluasi. Analisis peneliti menganalisis bahwa gurudan siswa tidak menggunakan media pembelajaran selama prosespembelajaran sehingga membutuhkan alat peraga IPS sebagai salahsatu media pembelajarannya. Desain, setelah menganalisis penelitimendesain produk yang akan dikembangkan. Perkembangannya,pada tahap ini peneliti menghasilkan produk alat peraga IPS.Implementasinya, setelah alat peraga IPS dinyatakan layak untukdiujicobakan kepada peserta didik terhadap produk yangdikembangkan. Evaluation, evaluasi produk secara keseluruhandilakukan untuk mengukur pencapaian tujuan pengembanganproduk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga IPS layakdigunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan denganhasil validasi ahli media pembelajaran yang termasuk dalam kriteria"Sangat Layak" dengan persentase 91% dan hasil pengujian oleh ahlimateri termasuk dalam kriteria "Sangat Layak" dengan persentase93% dan hasil tes dengan kelas responden yang berisikan 25 pesertasiswa termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dengan persentase93,1%. Alat peraga IPS ini dapat digunakan sebagai salah satu rujukanmedia pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu khususnyadalam hal permintaan dan penawaran materi.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Kholipah, Siti; Maryatun, Maryatun; Pritandhari, Meyta
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1794.578 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mediapembelajaran ular tangga pada mata pelajaran ekonomi pada siswakelas X IPS SMA Muhmmadiyah 1 Metro dengan materi lembaga jasakeuangan di Indonesia dan penelitian ini juga bertujuan untukmenghasilkan media pembelajaran yang valid. Penelitian inimerupakan penelitian Research and Development (R & D) denganmodel pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development,Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkanbahwa media pembelajaran ular tangga layak untuk digunakan dalampembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis diperoleh skorrata-rata ahli materi 4,1 dan ahli media mendapatkan skor rata-rata4,1 dengan kategori “Layak”. Uji coba kelompok kecil pada 29 siswamemperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan kategori “Sangat Layak”.Media pembelajaran tangga ular yang dikembangkan penelitimempunyai keunggulan memiliki kartu yang tidak hanya materi dankartu tetapi juga kartu motivasi. Kelemahan produk hanya terbataspada satu bahan. Saran pemanfaatan produk tingkat lanjut agarsemua pihak yang ingin mengembangkan produk ini dapatmenambahkan bahan lain agar lebih komprehensif.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Handayani, Mira; Ratnawuri, Triani; Budiarti, Yesi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1211.265 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.416

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circlemerupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswabertukar informasi pada waktu yang bersamaan sehingga siswa dapatberpikir kritis dan meningkatkan keterampilan berkomunikasiterhadap hasil belajarnya, dengan menerapkan model inside outsidecircle di dalam kelas pada saat pembelajaran. Proses tersebuttentunya akan membuat siswa menghasilkan ilmu yang bermakna.Adapun permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti,“Masih banyak siswa yang belum mengalami ketuntasan belajarterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMANegeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Dari permasalahantersebut maka rumusan masalah “adakah pengaruh pembelajarankooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ekonomisiswa kelas X SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasilbelajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Metrotahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalahsebagai berikut: “Ada pengaruh penggunaan model pembelajarankooperatif tipe inside outside circle terhadap tahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian semu (QuasiEksperimental), dengan bentuk desain eksperimental yaitu bentukNon-Equivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitianyang dilakukan hipotesis diterima, karena nilai thitung> ttabel dapatdilihat pada lampiran daftar G pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,18>1,70. Siswa yang dinyatakan tuntas KKM sebanyak 4 siswa denganpersentase 12,5%. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle memilikipengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMANegeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII IPS TERPADU SEMESTER GANJIL MTs AL- ISLAH SUKADAMAI NATAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Utama, Gunawan Pranata; Ningrum, Ningrum; Supranoto, Heri
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1250.938 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.417

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis(MEA) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada matapelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosespembelajaran yang menerapkan langkah-langkah modelpembelajaran Means-Ends Anlysis (MEA) dan pemberian pre-test danpost-test untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilanberpikir kritis siswa. Kegiatan pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasiluji kesamaan dua hasil rata-rata diperoleh t hitung = 2,1201 dan ttabel = 2,0040 maka t hitung> t tabel sehingga H0 ditolak. Artinyarata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modelpembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) tidak sama dengan ratarata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modelpembelajaran konvensional. Selain itu, pengaruh model pembelajaranMeans-Ends Analysis (MEA) terhadap keterampilan berpikir kritissiswa dapat dilihat pada perbandingan hasil pre-test dan post-test,54% meningkat menjadi 78,2% dan meningkat rata-rata 5 indikatorketerampilan sosial dari 53% meningkat menjadi 78,27%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HANDOUT BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS MA DAARUL MA’ARIF NATAR Afrilia, Tiara Ira; Ratnawuri, Triani; Wakijo, Wakijo
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1363.675 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v1i1.418

Abstract

Media Pembelajaran adalah salah satu komponenpendidikan yang sangat penting bagi guru dan peserta didik dalammelakukan proses pembelajaran. Hasil Pra survei pada guru danpeserta didik kelas X MA Daarul Ma’arif Natar, menunjukkan bahwamedia pembelajaran yang digunakan yaitu buku paket atau bukucetak pada umumnya yang kurang menarik. Maka diperlukan mediapembelajaran yang dapat digunakan. Salah satu media pembelajaranberupa media pembelajaran cetak yang dapat digunakan oleh pesertadidik yaitu handout berbasis mind mapping. Kelebihan Handoutberbasis mind mapping yaitu perpaduan teks dan gambar dalamhalaman cetak sudah merupakan hal lumrah dan dapat menambahdaya tarik serta mempermudah pemahaman siswa secara verbal danvisual. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengahasilkan mediapembelajaran cetak berupa handout berbasis mind mapping yangvalid dan praktis. Model Pengembangan yang digunakan model 4-D(Define, Design, Develop, and Disseminate). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa handout berbasis mind mapping valid untukdigunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli mediadengan presentase 80% kriteria layak, ahli materi dengan presentase98% kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk handout berbasismind mapping kepada peserta didik dengan persentase 91% kriteriasangat baik, hal ini menunjukakan bahwa handout berbasis mindmapping merupakan media pembelajaran yang valid dan praktisdalam proses pembelajaran.

Page 1 of 3 | Total Record : 30