Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS VII MTS MUQORUL IKHSAN PESAWARAN

Hesti Agustin (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ningrum Ningrum (Universitas Muhammadiyah Metro)
Siti Suprihatin (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga IPS danpenelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaranyang valid dan layak digunakan serta dapat memenuhi kebutuhansiswa sesuai dengan perkembangan kurikulum 2013. . Ahli yangmenguji kelayakan alat peraga IPS terdiri dari dua orang yaitu ahlimateri dan ahli media, serta tanggapan siswa. Penelitian inimenggunakan prosedur penelitian dan model pengembangan yangdiusulkan pada tahun 1990-an dikembangkan oleh Reiser danMollenda, Model ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5tahapan pengembangan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan,Implementasi, dan Evaluasi. Analisis peneliti menganalisis bahwa gurudan siswa tidak menggunakan media pembelajaran selama prosespembelajaran sehingga membutuhkan alat peraga IPS sebagai salahsatu media pembelajarannya. Desain, setelah menganalisis penelitimendesain produk yang akan dikembangkan. Perkembangannya,pada tahap ini peneliti menghasilkan produk alat peraga IPS.Implementasinya, setelah alat peraga IPS dinyatakan layak untukdiujicobakan kepada peserta didik terhadap produk yangdikembangkan. Evaluation, evaluasi produk secara keseluruhandilakukan untuk mengukur pencapaian tujuan pengembanganproduk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga IPS layakdigunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan denganhasil validasi ahli media pembelajaran yang termasuk dalam kriteria"Sangat Layak" dengan persentase 91% dan hasil pengujian oleh ahlimateri termasuk dalam kriteria "Sangat Layak" dengan persentase93% dan hasil tes dengan kelas responden yang berisikan 25 pesertasiswa termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dengan persentase93,1%. Alat peraga IPS ini dapat digunakan sebagai salah satu rujukanmedia pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu khususnyadalam hal permintaan dan penawaran materi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...