Jurnal Rekonstruksi dan Estetik
Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Rekonstruksi dan Estetik, Juni 2021

PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAS DALAM PENYEMBUHAN LUKA DENGAN ALLOGENIC FREEZE-DRIED PLATELET-RICH PLASMA (PRP)

Iswinarno Doso Saputro (Departemen Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Indonesia)
Sitti Rizaliyana (Departemen Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Indonesia)
Dhitta Aliefia Noverta (Departemen Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Highlights: Adanya peningkatan yang signifikan dalam jumlah fibroblas pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol pada hari ke-3, hari ke-9, dan hari ke-14. Penggunaan allogenic  freeze-dried Platelet-Rich Plasma (PRP) dapat meningkatkan jumlah fibroblas untuk penyembuhan luka. Abstrak: Latar Belakang: Luka merupakan permasalahan yang sering ditemui oleh setiap dokter, khususnya di bidang Bedah Plastik Rekontruksi dan Estetik. Terdapat banyak penelitian mengenai berbagai produk atau faktor yang dapat mempercepat penyembuhan luka, salah satunya adalah Platelet-Rich Plasma (PRP).  Allogenic PRP dapat menjadi alternatif pada kondisi dimana autologous PRP tidak dapat dilakukan. Teknik freeze-dried digunakan untuk melemahkan respon imun terhadap sediaan allogenic PRP. Metode: Tiga puluh  kelinci dirandomisasi enam kelompok. Luka setebal kulit dibuat di punggung masing-masing kelinci. Luka pada kelompok kontrol diobati dengan paraffin gauze dan  allogenic freeze-dried PRP diaplikasikan pada kelompok perlakuan, pengamatan dilakukan pada hari ke-3, ke-9 dan ke-14. Hasil: Rata-rata jumlah fibroblas menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol hari ke-3 dengan kelompok perlakuan hari ke-3 (p <0,009), kelompok kontrol hari ke-9 dengan kelompok perlakuan hari ke-9 (p <0,023), dan kelompok kontrol pada hari ke-14 dengan kelompok perlakuan hari ke-14 (p <0,001). Kesimpulan: Pemanfaatan allogenic freeze-dried Platelet-Rich Plasma (PRP) terbukti efektif meningkatkan jumlah fibroblas dalam proses penyembuhan luka full thickness pada kelinci.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRE

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Rekonstruksi dan Estetik (p-ISSN:2301-7937, e-ISSN: 2774-6062) is a scientific peer-reviewed medical journal which is relevant to doctor and other health-related professions published by the Faculty of Medicine, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia. Jurnal Rekonstruksi dan Estetik is ...