PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): JANUARI-JUNI

PENGARUH KEGIATAN GERAKAN PRAMUKA DAN HIZBUL WATHAN TERHADAP NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK (STUDY KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH BRAJA SELEBAH LAMPUNG TIMUR)

Siti Rohmah (Universitas Muhammadiyah Metro)
Heri Cahyono (Universitas Muhammadiyah Metro)
Sarbini Sarbini (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh bagaimana Gerakan Pramuka dan Hizbul Wathan berpengaruh terhadap nilai Religiusitas peserta didik di SMA Muhammadiyah Braja Selebah Lampung Timur pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bersifat field research atau penelitian lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dengan pengumpulan data dan pengamatan langsung kepada objek penelitian.Hasil dari penelitian ini adalah Religiusitas (Y) nilai minimum 33 dan nilai maksimum 44 nilai rata-rata 38,00. Sedangkan Gerakan Pramuka (X1) nilai maksimum 80, nilai minimum 65 nilai dan rata – rata 73,42. Hizbul Wathan (X2) nilai maksimum 80, nilai minimum 65 dan nilai rata – rata 73,26. Standar deviasi gerakan Pramuka dan Hizbul Wathan masing-masing adalah 4,081 dan 3,875. Uji Parsial (t) untuk kegiatan Gerakan Pramuka dan Hizbul Wathan adalah 10,433 dengan tingkat signifikansi 0,05 maka variabel Gerakan Pramuka dan Hizbul Wathan sangat berpengaruh terhadap Religiusitas. Dengan nilai t hitung (10,433) > t tabel (2,008) dan nilai signifikan (0,00) < 0,05. Dari penelitian ini diambil kesimpulan bahwa kegiatan gerakan pramuka dan hizbul wathan berpengaruh terhadap nilai religiusitas peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

profetik

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PROFETIK: merupakan Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro, sebagai wahana komunikasi akademik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang mencakup Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Pengembangan ...