JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Isi Buku Teks Tematik Terpadu Kelas VI SD/MI di Semester Genap

Hafsari, Cyndi Fristia (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Buku teks memiliki peranan penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 . Oleh karena itu, kualitas buku teks harus diperhatikan, terutama dari segi komponen isi (materinya), karena memuat pesan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten, yakni buku teks tematik kelas VI SD semester genap atas komponen isi yang terdiri dari tiga aspek, dengan hasil berikut:  (1) aspek kesesuaian materi dengan KI/KD pada kedua buku termasuk dalam kategori yang sudah cukup sesuai dengan KI/KD, dimana materi pada kedua buku teks masih kurang mendalam, terutama untuk buku tema kepemimpinan; (2) aspek keakuratan materi untuk buku tema kepemimpinan tergolong cukup akurat, meskipun ditemukan beberapa ilustrasi yang cenderung kurang konkret dan efektif, sedangkan untuk buku tema bumiku sudah sangat akurat; dan (3) aspek materi pendukung pembelajaran untuk kedua buku teks sudah sangat baik, hanya saja materi pada buku tema kepemimpinan kurang dihubungkan dengan perkembangan teknologi dan buku tema 8 kurang kontekstual.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...