Buku teks memiliki peranan penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 . Oleh karena itu, kualitas buku teks harus diperhatikan, terutama dari segi komponen isi (materinya), karena memuat pesan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten, yakni buku teks tematik kelas VI SD semester genap atas komponen isi yang terdiri dari tiga aspek, dengan hasil berikut:Â (1) aspek kesesuaian materi dengan KI/KD pada kedua buku termasuk dalam kategori yang sudah cukup sesuai dengan KI/KD, dimana materi pada kedua buku teks masih kurang mendalam, terutama untuk buku tema kepemimpinan; (2) aspek keakuratan materi untuk buku tema kepemimpinan tergolong cukup akurat, meskipun ditemukan beberapa ilustrasi yang cenderung kurang konkret dan efektif, sedangkan untuk buku tema bumiku sudah sangat akurat; dan (3) aspek materi pendukung pembelajaran untuk kedua buku teks sudah sangat baik, hanya saja materi pada buku tema kepemimpinan kurang dihubungkan dengan perkembangan teknologi dan buku tema 8 kurang kontekstual.
Copyrights © 2020