JPI
Vol 4, No 1 (2021)

Penguasaan Konsep Siswa Kelas 4 Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Zoom Meeting

Rahmawati, Resti (Unknown)
Jayadinata, Asep Kurnia (Unknown)
Sunaengsih, Cucun (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa kelas 4 menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Zoom Meeting. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas 4 SDN Majalaya 03 di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan soal test. Observasi digunakan untuk melihat pelaksanaan model Problem Based Learning berbantuan Zoom Meeting, dan soal test digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siswa kelas 4 pada materi gaya dan gerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berpengaruh baik terhadap penguasaan konsep siswa. Pelaksanaan model Problem Based Learning berbantuan Zoom Meeting berjalan dengan baik, dan penguasaan konsep siswa kelas 4 pada materi gaya dan gerak setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Zoom Meeting juga baik. Problem Based Learning yang diaplikasikan sesuai dengan indikator, karakteristik, dan langkah-langkah yang tepat akan berimplikasi terhadap penguasaan konsep siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...