JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Pengembangan LKS Proyek Berbasis WhatsApp Group Materi Pencemaran Udara Untuk Melihat Kemunculan Kreativitas Siswa

Khaerunisa, Niken (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Syahid, Aah Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

LKS merupakan bahan ajar yang penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKS bertujuan agar proses pembelajaran IPA dapat bermakna. LKS yang selama ini digunakan di sekolah dasar hanya yang tercantum dalam buku siswa saja, tanpa menganalisanya terlebih dahulu sehingga LKS yang digunakan kurang menuntut siswa dalam hal mengembangkan kreativitasnya. Penggunaan LKS ini tidak secara langsung, namun menggunakan grup whatsapp. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan LKS Proyek yang dapat memunculkan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode DD menggunakan Model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). LKS ini diuji cobakan kepada siswa kelas V di dua sekolah dasar berbeda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemunculan kreativitas siswa meningkat (86,2%) dan hasil validasi LKS dari validator untuk segi materi (83,8%) dan segi desain (82,8%) dengan kriteria “sangat valid”.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...