Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komik digital Webtoon terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden sebanyak 32 orang siswa. Penelitian dilaksanakan melalui tiga tahapan diantaranya tahap persiapan, pelaksanaan, dan pengolahan data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara yang dilakukan secara daring/online. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari persentasi tiap indikator, minat siswa pada pembelajaran IPS sebesar 79,29% dengan kriteria tinggi, minat belajar sebesar 87,50% dengan kriteria sangat tinggi, dan pengaruh media komik digital webtoon sebesar 80,46% dengan kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital Webtoon berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri Jatihurip. Saran dari penelitian ini yaitu guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan inovasi pembelajaran melalui media komik digital Webtoon.
Copyrights © 2020