Layanan berbasis teknologi/sistem informasi (TI/SI) menjadi faktor keberhasilan suatu institusi perguruan tinggi dalam menjalankan tata kelola. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang sudah mengimplementasikan layanan berbasis TI/SI yakni Sistem Informasi Akademik (SIAK UMMI). SIAK UMMI terus menerus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Namun yang menjadi permasalahan adalah belum dilakukan penilaian mengenai kualitas dari layanan SIAK UMMI, sehingga institusi belum mengetahui bagaimana positioning layanan dari SIAK UMMI. Dalam penelitian ini dilakukan penilaian layanan SIAK UMMI melalui framework ITIL v3 dengan fokus pada aspek service design. Penelitian ini menghasilkan nilai rerata Service Design 3,04 atau maturity level berada pada level 3, yang terdiri dari (1) Service Management as a Practice sebesar 2,95; (2) Service Design Principles sebesar 3,15; (3) Service Design Processes sebesar 3,11; (4) Service Design Technology Related Activities sebesar 3,07; (5) Organizing for Service Design sebesar 2,95; (6) Service Design Technology Consideration sebesar 2,96; dan (7) Service Design Process Implementation Consideration sebesar 3,08.
Copyrights © 2021