JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)
Vol 6, No 2: December 2021

Penilaian Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Sukabumi dengan Framework ITIL v3

Indri Ariyanti (Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya)
Indra Griha Tofik Isa (Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Layanan berbasis teknologi/sistem informasi (TI/SI) menjadi faktor keberhasilan suatu institusi perguruan tinggi dalam menjalankan tata kelola. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang sudah mengimplementasikan layanan berbasis TI/SI yakni Sistem Informasi Akademik (SIAK UMMI). SIAK UMMI terus menerus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Namun yang menjadi permasalahan adalah belum dilakukan penilaian mengenai kualitas dari layanan SIAK UMMI, sehingga institusi belum mengetahui bagaimana positioning layanan dari SIAK UMMI. Dalam penelitian ini dilakukan penilaian layanan SIAK UMMI melalui framework ITIL v3 dengan fokus pada aspek service design. Penelitian ini menghasilkan nilai rerata Service Design 3,04 atau maturity level berada pada level 3, yang terdiri dari (1) Service Management as a Practice sebesar 2,95; (2) Service Design Principles sebesar 3,15; (3) Service Design Processes sebesar 3,11; (4) Service Design Technology Related Activities sebesar 3,07; (5) Organizing for Service Design sebesar 2,95; (6) Service Design Technology Consideration sebesar 2,96; dan (7) Service Design Process Implementation Consideration sebesar 3,08.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtera

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

TERA (Journal of Engineering Technology) is peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in engineering technology field. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, ...