JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 1 No 2 (2019): July Edition

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyahnegeri Belitang II OKU Timur

Welli Meinarni (STKIP Nurul Huda)
Sri Enggar Kencana Dewi (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa melalui pembelajaran tematik-integratif pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN Tanjung Kemuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen tepatnya desain nonequivalent groups pretest-posttest. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan saintifik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas IV di MIN Tanjung Kemuning dengan jumlah 45 orang. Sampel dalam Penelitian ini diambil menggunakan Sampling jenuh, sampling jenuh adalah mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Data yang telah diperoleh dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05).Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...