cover
Contact Name
Nesi Anti Andini
Contact Email
nesiaa@stkipnurulhuda.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jemari@stkipnurulhuda.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 26220768     EISSN : 26220776     DOI : -
Core Subject : Education,
JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and original research contribution for the benefit of teacher’s and resechers in the field of teaching basic education. Especially for the teacher they are expected be creative to find a suitble media, technique, strategy, approach and model in the process of teaching and learning at the basic educational level. JEMARI has e-ISSN 2622-0776 and p-ISSN 2622-0768. The scope include theory, practice, demontration, observasion. The fields of science studied such as science, sosial, and culture are in line with elementary education.
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
Pengaruh Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Amrina Ika Hasdikurniati
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.317 KB) | DOI: 10.30599/jemari.v1i01.405

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu pelaksanakan Program Baca Tulis Al-Qur’an, kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an serta pengaruh Program Baca Tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SD Negeri 4 Palembang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 103 orang. Kesimpulan yang diperoleh pertama, pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri 4 Palembang yang dilihat dari pelaksanaannya dapat dikategorikan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari data yang telah dipaparkan yang menjelaskan bahwa 78 siswa yang dijadikan sampel terdapat 41% kategori tinggi, 47% kategori sedang dan 12% kategori rendah. Kedua, kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an yang berlangsung dikategorikan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari data yang menjelaskan bahwa 78 siswa yang dijadikan sampel terdapat 13% kategori tinggi, 56% kategori sedang dan 31% kategori rendah. Ketiga, ada pengaruh positif yang sangat signifikan antara program baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Hal ini terbukti dengan df sebesar 80, diperoleh rt pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,217, sedangkan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,283. Ternyata ro yaitu 0,335 adalah jauh lebih besar dari rt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%.
Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan Kartu Soal Siswa Kelas V SD Badriyah Badriyah
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.317 KB) | DOI: 10.30599/jemari.v1i01.406

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Teknik Mencari pasangan Kartu Soal Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jatimulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan kartu soal di kelas V SD Negeri 2 Jatimulyo. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 orang siswa. Analisis data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan tahap pelaksanaan siklus, mengalami peningkatan terbukti nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan dibanding pra siklus yaitu dari 54,28 menjadi 67,85, dengan presentase ketuntasan 28,5% menjadi 57,14%. Kemudian rata-rata pada siklus II meningkat dari siklus I yaitu dari 67,85 menjadi 85,7, dengan presentase ketuntasan 57,14% menjadi 85,7%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran mencari pasangan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengaruh Metode Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA di Pendidikan Dasar Sri Enggar Kencana Dewi; Ratih Purnama Pertiwi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.317 KB) | DOI: 10.30599/jemari.v1i1.407

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di SDN Ulak Buntar. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah tindakan (menerapkan metode pembelajaran Tari Bambu). Teknik pengambilan sampelnya dengan sample random sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil penelitian yang dibahas adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan mengalami peningkatan nilai mean pada pree-test dan post test, yaitu 5,8 (pree-test) meningkat menjadi 7,8 (post-test). Kemudian, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan. Dengan melihat hasil uji hipotesis yang di dapat dalam perhitungan (to = 12,05) dan besar t yang tercantum pada table t (tt.ts 5% = 2,08 dan tt.ts 1% = 2,83) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt, yaitu 2,09 < 12,05 > 2,86.
Penerapan Metode Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPA dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Resti Septiksari
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.317 KB) | DOI: 10.30599/jemari.v1i01.408

Abstract

Kurang tepatnya guru dalam memilih suatu metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Metode yang dapat diterapkan adalah metode TGT yaitu salah satu metode pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan tiga sampai lima orang yang memiliki kemampuan dan latar belakang yang berbeda. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode Team Games Tournament pada mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Senumarga. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis mengambil kelas V yang berjumlah 12 siswa. Menurut Suharsimi Arikunto yaitu apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus tinggi, sedang, rendah (TSR) kemudian untuk mencari pengaruh penerapan metode TGT terhadap prestasi belajar siswa, dapat dihitung dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda setelah diketahui bahwa terdapat 5 (41,67%) siswa dalam kategori tinggi, 4 (33,33%) siswa termasuk dalam kategori sedang dan 3 (25%) siswa termasuk dalam kategori rendah.
Peningkatan Penerapan Metode Diskusi Melalui Kunjungan Kelas Pada Guru Kelas V SD Binaan Sutriyono Sutriyono
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.317 KB) | DOI: 10.30599/jemari.v1i01.413

Abstract

Metode mengajar merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena peranan metode mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Dengan metode diskusi dan resitasi ini diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, mengetahui bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan prestasi prestasi kinerja guru. Kedua, mengetahui apakah dengan adanya implementasi metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah pengumpulan data menggunakan observasi dan catatan lapangan, dan teknik analisis dengan melakukan reduksi data, inferensi, tahap tindak lanjut dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode diskusi adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap suatu proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses diskusi dapat dirangsang melalui beberapa penghargaan seperti halnya memberikan nilai tambahan bagi siswa yang aktif dalam proses diskusi.
Penerapan Mind Map dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di Kelas V Sholeh Hasan
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.317 KB) | DOI: 10.30599/jemari.v1i01.414

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MI Subulussalam Sriwangi pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata nilai 71,74 yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan pelaksanaan pembelajaran Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Subulussalam Sriwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Mind Map dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPS di kelas V. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian “One-Group Pretest And Posttest Design”. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V MI Subulussalam Sriwangi. Peserta didik kelas V MI Subulussalam Sriwangi berjumlah 16 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t. Karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sampel maka tidak perlu menggunakan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan metode Mind Map (peta pikiran) dalam pembelajaran IPS terdapat peningkatan yang signifikan. Tes awal (pretest) dengan rata-rata 58,54. Sementara pada tes akhir (posttest) nilai rata-rata peserta didik adalah 94,59. Pelaksanaan pembelajaran Mind Map telah berhasil membantu memberikan peningkatan hasil pembelajaran peserta didik kelas V MI Subulussalam Sriwangi.
Pengaruh Fasilitas Kampus terhadap Motivasi dan Prestasi Mahasiswa Nesi Anti Andini; Resti Septikasari
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 2 (2019): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v1i2.436

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna pembangunan bangsa indonesia kedepannya. Pendidikan yang bermutu tinggi akan menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, handal, mampu bersaing, dan siap menghadapi segala permasalahan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh fasilitas kampus terhadap motivasi dan prestasi mahasiswa STKIP Nurul Nuda. Berdasarkan tabel mode summary diatas diperoleh nilai rhitung 0,785. Pada taraf signifikasi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 22 diperoleh nilai rtabel sebesar 0, 234. Karena rhitung > rtabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mnahasiswa PGMI STKIP Nurul Huda.” Berdasarkan tabel mode summary diatas diperoleh nilai rhitung 0,679. Pada taraf signifikasi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 22 diperoleh nilai rtabel sebesar 0, 234. Karena rhitung > rtabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa PGMI STKIP Nurul Huda.” Dari hasil menunjukkan nilai sig. < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas kampus terhadap motivasi dan prestasi belajar Mahasiswa STKIP Nurul Huda.
Permasalahan Proses Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus Hiperaktif di Sekolah Luar Biasa Negeri Martapura Lisa Roniyati; Ratih Purnama Peritiwi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.547

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengetahui permasalahan proses pembelajaran anak hiperaktif dan bagaimana cara penanganan yang dilakukan oleh guru. Karena setiap anak pasti menggalami banyak permasalahan pembelajaran tidak hanya anak normal namun anak berkebutuhan khusus sangat rentang dalam permasalahan yang mereka hadapi pada proses pembelajaran. Salah satunya yaitu di SLB Negeri Martapura kabupaten OKU TIMUR. Telah diketahui beberapa cara yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran pada anak hiperaktif, yaitu dengan menggunakan pendekatan, metode dan media yang menggunakan benda konkrit. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, guru khusus, orang tua dan kepalas sekolah untuk mengetahui permasalahn proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus hiperaktif di SLB Negeri Martapura Kabupaten OKU TIMUR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus hiperaktif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan dan merangkum analisis data yang diperoleh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang dialami anak hiperaktif adalah konsentrasi, ketenangan siswa dan emosional siswa yang sulit terkontrol. Maka diperlukan nya pendekatan yang lebih dilakukan oleh guru khusus dan guru kelas. Dari 4 siswa semua menjadi subjek penelitian.
Implementasi Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Sederhana Kelas III SDN 01 Tulus Ayu Amalia Nur Arifah; Sholeh Hasan; Sri Enggar Kencana Dewi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.574

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak pada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf sederhana yang selama ini belum sesuai harapan masih terdapat peserta didik yang tidak menghiraukan pembelajaran khususnya kemampuan dalam menulis paragraf dengan menggunakan media gambar dari kondisi ini terlihat bahwa kemampuan peserta didik masih sangat kurang untuk itulah kemudian dicari penyebab dan berikut solusinya. Untuk itulah digunakan media gambar untuk pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis paragraf sederhana. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana Bahasa Indonesia di kelas III SDN 01 T ulus Ayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar belakang kelas III SDN 01 Tulus Ayu. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : proses pembelajaran di SDN 01 Tulus Ayu pada awalnya trasa menunjemukan mulai dapat diatasi dengan penggunaan media gambar karena dengan penggunaan media gambar pemahaman siswa terhadap pembuatan paragraf sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mulai meningkat. Terbukti adanya ketertarikan dari media gambar perubahan kemampuan siswa dalam membuat paragraf sederhana di kelas III dapat meningkat dapat dilihat dari proses pembentukan kemampuan menulis paragraf sebelum menggunakan media gambar dan proses pembentukan menulis paragraf setelah menggunakan media gambar yaitu : nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 70, sedangkan sebelum menggunakan media gambar diperoleh sebesar 41,6 dan sesudah menggunakan sebesar 75%.
Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur Ari Setiawan
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 2 (2020): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i2.575

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Design penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Nusa Bakti sebanyak 198 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Variabel yang diteliti yaitu model pembelajaran CTL (X) dengan hasilbelajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian persentase model CTL terhadap hasil belajar kelas V kategori tinggi pembelajaran 1 sebesar 15,0%, kategori sedang sebesar 75,0%, kategori rendah sebesar 10,0%. Persentase hasil belajar siswa kelas V nilai rata-rata kelas eksperimen pembelajaran 1 sebesar 80,20%. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji One Sampel t Test, maka diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karenanilaisignifikan < 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan nilai thitung hasil belajar sebesar 15.968 > ttabel 2,086l sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisa data dengan menggunakan uji regresi linier menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran CTL.