JURNAL MAHAJANA INFORMASI
Vol 6 No 2 (2021): JURNAL MAHAJANA INFORMASI

IMPLEMENTASI METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) UNTUK MENGANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA FAMILY SWALAYAN

Nur Budi Nugraha (Sekolah Tinggi Teknologi Dumai)
Ari Sellyana (Sekolah Tinggi Teknologi Dumai)
Karpen Karpen (STMIK AMIK Riau)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Family Swalayan merupakan salah satu tempat berbelanja yang cukup diminati oleh konsumen dan mempunyai lokasi yang strategis di Kota Dumai. Adanya persaingan yang terjadi antara para penjual produk atau ritel, menimbulkan sebuah kompetisi strategi yang tepat untuk meraih pangsa pasar terbesar. Pihak manajemen family swalayanharus memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Hal ini patut diperhatikan karena konsumen tidak hanya berpedoman pada harga yang murah saja, tetapi juga pada kualitas pelayanan, lokasi usaha, kualitas produk yang ditawarkan, serta kerapian tata letak produk yang. Faktor-faktor inilah yang dapat menyebabkan konsumen dapat beralih ke tempat-tempat perbelanjaan lain yang mempunyai daya tarik lebih dibandingkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepuasan pelanggan family swalayan menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) berdasarkan kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga produk. Metode CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan atribut – atribut produk / jasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil pencarian CSI untuk kepuasan pelanggan berada pada tingkat Puas sebesar 0.77

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

7

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...