Indonesian Journal of Islamic Educational Management
Vol 3, No 2 (2020): IJIEM

Pengaruh Kompetensi dan Pengalaman terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pekanbaru

Ramadona Ramadona (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau)
Muslim Afandi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Tuti Andriani (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisa apakah ada pengaruh, (1) Kompetensi, (2) Pengalaman, (3) dan Kompetensi dan Pengalaman guru secara bersama-sama Terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah Swasta se-Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Guru MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, MTs Fadhillah Pekanbaru dan MTs Ummatan Washatan Teknologi Riau yang berjumlah 61 orang. Dalam pengambilan sampel peniliti menggunakan metode pengambilan teknik probability sampling yaitu teknik yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi liner berganda yaitu Y=a+b1X1+b2X2. Hasil penelitian ini menunjukkan R Square sebesar 0,407 atau 40,7%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan implementasi manajemen sumber daya manusia oleh perubahan variabel kompetensi sebesar 40,7%. (X1) Hasil penelitian ini menunjukkan R Square sebesar 0,666 atau 66,6%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan implementasi manajemen sumberĀ  daya manusia oleh perubahan variabel pengalaman sebesar 66,6 %. Untuk uji regresi berganda yaitu Y=a+b1X1+b2X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai R2 (koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0,418 atau 41,8 0%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan implementasi manajemen sumber daya manusia oleh perubahan nilai variabel bebas kompetensi dan pengalaman 41,8% sedangkan 58,2% ditentukan oleh perubahan faktor lainnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJIEM

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Bulan April dan November. Jurnal ini diterbitkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan dan rujukan bagi semua yang berprofesi di bidang Administrasi Pendidikan (Manajemen ...