Dimensi Utama Teknik Sipil
Vol 5 No 1 (2018): April 2018

ANALISA FAKTOR KEPUASAN PENGHUNI APARTEMEN MENENGAH BAWAH DI SURABAYA

Kevin Harsono (Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)
Timoticin Kwanda (Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya)
Jani Rahardjo (Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Maraknya apartemen di Surabaya tidak dapat dipisahkan dari keterbatasan lahan, serta harga landed house yang semakin meningkat. Akibatnya, pengembang harus menyusun strategi untuk mendapatkan minat beli konsumen. Untuk memenangkan persaingan, pengembang harus memberikan kepuasan kepada konsumen, baik dengan pelayanan, maupun dari konsep hunian. Proyek dapat dikatakan berhasil apabila produk yang dihasilkan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi dari konsumen. Kepuasan penghuni didapat apabila harapan penghuni sama dengan kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi kepuasan. Terdapat 4 faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu aksesibilitas, desain bangunan, pemeliharaan dan operasional, serta kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukan terdapat kesenjangan antara tingkat kepentingan dan kepuasan penghuni, sehingga kepuasan penghuni belum tercapai. Selain itu tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara kepuasan penghuni terhadap lama menghuni. Faktor yang memerlukan perhatian khusus adalah pemeliharaan dan operasional, dimana terdapat gap antara tingkat kepuasan dan kepentingan. Strategi kombinasi ekspansi dan stabilitas diperlukan untuk meningkatkan kepuasan penghuni.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

duts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Dimensi Utama Teknik Sipil (DUTS) promotes the widest possible dissemination of civil engineering knowledge by encouraging researchers to conduct research, build new or extend existing theoretical foundations, and contribute to practice at the corporate and national level. We aim to improve ...