Meteor STIP Marunda
Vol 14 No 1 (2021): JUNI

Pengaruh Pelayanan dan Sarana Penunjang Jasa Keagenan Terhadap Jumlah Kunjungan Kapal yang Diageni PT. Andhika Lines Cabang Merak

Zulnasri (Unknown)
Sijabat, Panderaja (Unknown)
Corryah, Tri Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

PT. Andhika Lines cabang Merak salah satu perusahaan pelayaran jasa keagenan kapal, tugas dan fungsi sebagai agen adalah mengurus kegiatan operasional kedatangan dan keberangkatan kapal (clereance in dan clereance out), penyandaran kapal dan mengurus dokumen bongkar-muat, dokumen awak kapal dan juga mengurus kebutuhan kapal lainnya, seperti pengisian bahan bakar minyak dan pengisian air tawar di pelabuhan Merak. Dengan banyaknya kegiatan yang akan dikerjakan, namun staf pengelola semua kegiatan hanya 5 orang. Setelah dicermati antara jumah karyawan (staf) dengan bobot pekerjaan yang harus dilakukan tidaklah seimbang, sebagai contoh adanya pekerjaan keagenan yang tertunda penyelesaiannya. Faktor lainnya yang menyebabkan terhambatnya pelayanan kapal adalah sarana yang kurang memadai sehingga menghambat aktifitas kerja para karyawan. Misalnya jumlah kendaraan yang kurang memadai, ruang kerja kurang nyaman dan peralatan kerja tidak lengkap, semua itu berdampak terhadap jumlah kedatangan pelanggan. Berdasarkan hal tersebut dipandang dilakukan pelitian tentang upaya yang harus dilakukan agar perusahaan lebih dapat meningkatkan pendapatannya. Untuk memecahkan persoalan tersebut, hasil penelitian dibahas dengan metode deskriptif kuantitatif (menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya (correlational research). Dengan demikian permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut ; Seberapa besar pengaruh pelayanan jasa keagenan kapal terhadap jumlah kunjungan kapal. Seberapa besar pengaruh sarana penunjang kegiatan keagenan kapal terhadap jumlah kunjungan kapal. Seberapa besar pengaruh pelayanan jasa keagenan kapal dan sarana penunjangnya secara bersama-sama terhadap jumlah kunjungan kapal yang diageni. Setelah dilakukan pengolahan data dengan mengunakan SPSS, didapat hasilnya sebagai berikut : Pengaruh pelayanan jasa keagenan kapal terhadap kunjungan kapal sebesar 97,4 % (sangat signifikan). Pengaruh sarana penunjang terhadap kunjungan kapal sebesar 97,2 % (sangat signifikan) Besarnya pengaruh pelayanan jasa keagenan kapal dan pengaruh sarana penunjang secara bersamaan terhadap kunjungan kapal yaitu sebesar 98,1 % (sangat signifikan). Jadi agar kunjungan kapal di PT. Andhika Lines Cabang Merak dapat meningkat sesuai target, maka pihak manajemen PT. Andhhika Lines Cabang Merak harus memperbaiki sistem pelayanan dan pembaharuan sarana penunjang sesuai kebutuhan pelanggan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

meteor

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Transportation

Description

Meteor STIP Marunda merupakan jurnal ilmiah nasional berkala sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian bagi para akademisi, peneliti maupun praktisi di bidang pelayaran pada umumnya. Berdasarkan fokus dan ruang lingkup jurnal maka artikel yang dapat di muat dalam Jurnal ini meliputi 5 hal ...