SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
Vol 2, No 4 (2010): Speed Oktober 2010

Pendekatan Rapid Application Development Dalam Merancang Program Administrasi Klinik (Studi Kasus:Klinik Anugerah Sehat)

Ratnawati . (Unknown)
Diah Raka Siwi (Unknown)
Husni Faqih - AMIK BSI Tegal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2018

Abstract

Abstrak - Keterlambatan dalam penyajian informasi yang penting akan menyebabkan tidak relavan bagi penggunanya. Sedangkan telah banyak sistem aplikasi canggih yang dapat  digunakan, seperti dalam bidang kesehatan sistem informasi digunakan untuk mempermudah pengolahan data. Sebagai klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, klinik Anugrah Sehat membutuhkan adanya suatu sistem aplikasi komputer yang dapat menunjang untuk melakukan pemrosesan data administrasi pasien.  Proses administrasi yang ada di klinik anugrah sehat masih dilakukan secara manual, dari proses pencatatan data-data pasien, pencatatan  data  yang berhubungan dengan proses administrasi, serta pembuatan laporan sehingga hal ini dapat menimbulkan resiko pencatatan data yang salah, perhitungan pembayaran, kurang akuratnya laporan dan memperlambat untuk menemukan data yang diperlukan. Beberapa metode untuk mengumpulkan data penunjang pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara seperti observasi, wawancara dan studi pustaka. Pendekatan pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan metode Rapid Application Development (RAD). Dengan adanya program ini diharapkan akan menjadi solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada klinik Anugrah Sehat. Kata kunci :  Program Administrasi,  Rapid Application Development (RAD) Abstract - The delay in presenting important information will result in a non-reliable for its users. While has many information systems that can be used, as in the field of health, information systems are used to facilitate data processing.As a clinic engaged in the field of health services to the public, clinics Anugrah Sehat requires the existence of an information system that can support the process of data processing patient administration. The administrative process at the Anugrah Sehat clinic is still done manually, such as the process of recording patient data, recording the data related to the administration process, and making the report, so that during the process often happened errors in recording, payment calculations, less accurate reports and delays in search of necessary data.In this research, data collection method is done by observation, interview and literature study. The system development approach used is the Rapid Application Development (RAD) method. With this program is expected to be the best solution to solve the problems that exist in the clinic Anugrah Sehat..Keywords : Program Administration, Rapid Application Development (RAD)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup ...