cover
Contact Name
Bambang Eka Purnama
Contact Email
masbambangnet@gmail.com
Phone
+6287736223737
Journal Mail Official
masbambangnet@gmail.com
Editorial Address
Kompleks APMMI - Jl. Bangak Simo KM 7, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah 57376
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
ISSN : 19799330     EISSN : 20880154     DOI : -
Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup disekitarnya
Articles 566 Documents
Analisis Inkonsistensi Pada Kebutuhan Perangkat Lunak Evi Lestari Pratiwi1 - Politeknik Hasnur; Reza Fauzan .
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.655 KB) | DOI: 10.55181/speed.v7i4.36

Abstract

AbstrakMenentukan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak adalah suatu proses yang sangat kompleks dan membutuhkan waktu yang panjang. Perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Kebutuhan perangkat lunak menggambarkan kebutuhan dan batasan – batasan yang ada pada produk perangkat lunak yang berkontribusi terhadap solusi dari beberapa masalah dunia nyata. Dalam kebutuhan perangkat lunak, perlu adanya konsistensi antara spesifikasi kebutuhan perangkat lunak, karena suatu perangkat lunak dikatakan berhasil jika mempunyai konsistensi spesifikasi kebutuhan dari perangkat lunak itu sendiri. Inkonsistensi data adalah tidak sesuainya data pada beberapa informasi yang saling berhubungan disebabkan adanya perubahan data. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengukur tingkatan inkonsistensi kebutuhan perangkat lunak.Keyword : Perangkat lunak, Kebutuhan perangkat lunak, Konsistensi, Inkonsistensi, Metode Inkonsistensi
Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Studi Kasus : STMIK Palangkaraya) Rommi Kaestria - STMIK Palangkaraya
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 8, No 3 (2016): Speed 2016
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55181/speed.v8i3.339

Abstract

Abstract - STMIK Palangkaraya established to prepare graduates of Computer Science can compete with graduates from similar institutions run the process lainnya..Dalam him as an organization engaged in the field of education services STMIK Palangkaraya has some problems of internal and external conditions that cause STMIK Palangkaraya yet to implement technology systems information for increased performance, the business success of the organization and increasethe competitiveness of the organization. The need to implement effective and efficient information should be made and the need for strategic planning of information systems and information systems to explore the various opportunities that fit the needs of a highly competitive STMIIK Palangkaraya. Strategic Planning Information System environment and methods Peppard. In analyzing the internal and external environment of business organizations, information systems analysis of internal and external environment or information technology IS / IT produces business strategy, management strategy IS / IT and IT strategy that resulted in a portfolio of applications developed as a strategy for action to STMIK Palangkaraya, to succeed in educational institutions run operation and is expected to survive in competition with other educational institutions.Keywords: Information System Strategy Planning, STMIK Palangkaraya, Ward and Pepard Abstrak – STMIK Palangkaraya didirikan untuk mempersiapkan Lulusan Ilmu Komputer mampu bersaing dengan lulusan dari institusi sejenis lainnya..Dalam menjalankan proses dia sebagai organisasi yang bergerak di bidang jasa pendidikan STMIK Palangkaraya memiliki beberapa masalah dari kondisi internal dan eksternal yang menyebabkan STMIK Palangkaraya belum menerapkan sistem Teknologi Informasi untuk peningkatan kinerja, keberhasilan bisnis organisasi dan increasethe daya saing organisasi. Kebutuhan untuk menerapkan informasi yang efektif dan efisien harus dilakukan serta kebutuhan untuk perencanaan strategis sistem informasi dan sistem informasi untuk mengeksplorasi berbagai peluang yang sesuai dengan kebutuhan STMIIK Palangkaraya sangat kompetitif. Sistem Informasi Perencanaan Strategis lingkungan dan metode Peppard. Dalam menganalisis lingkungan internal dan eksternal organisasi bisnis, sistem informasi analisis lingkungan internal dan eksternal atau teknologi informasi IS / IT yang menghasilkan strategi bisnis, strategi manajemen IS / IT dan strategi TI yang menghasilkan portofolio aplikasi maju sebagai strategi tindakan untuk STMIK Palangkaraya , untuk sukses dalam menjalankan operasi lembaga pendidikan dan diharapkan untuk bertahan dalam persaingan dengan lembaga pendidikan lainnya.Keywords: Information System Strategy Planning, STMIK Palangkaraya, Ward and Pepard.
Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Sim Card Provider Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus: Master Cell) T P Dinar - STMIK Nusa Mandiri; Heri Kuswara - UBSI; Frans Eduard Schaduw; Anastasia Siwi Fatma Utami - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 2 (2020): Speed Mei 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.837 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i2.645

Abstract

Abstrak - Diera kemajuan teknologi seperti sekarang ini kartu perdana menjadi hal yang sudah tidak asing lagi terdengar pada telinga kita, khususnya dalam dunia jaringan dan komunikasi. Dengan adanya persaingan antara provider, konsumen dituntut menjadi jeli dengan kebutuhan dan juga harga jualnya sehingga tidak merugikan konsumen itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan sebuah gambaran dalam memilih provider yang akan digunakan dan agar konsumen khusus nya pada pengguna smartphone dapat lebih memahami keunggulan yang dimiliki oleh setiap provider. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan menggunakan data yang diambil dari kuisioner yang penulis bagikan kepada kostumer toko Master Cell. Penelitian ini mempunyai enam kriteria yaitu sinyal, koneksi internet paket internet, masa aktif, bonus dan harga. Lalu mempunyai dua alternatif yaitu simpati, im3. Hasil akhir menunjukkan bahwa alternatif 2 atau A2 atau im3 memiliki hasil terbesar yaitu 2,2875 dan alternatif 1 atau A1 atau Simpati memiliki hasil terendah diantara alernatif yang ada yaitu sebesar 2,1695 terhadap pemilihan sim card provider pada toko Master Cell. Kata kunci: Kartu Sim, Provider, SAW Abstract - In the face of technological advancements such as the present prime cards become familiar to our ears, especially in the world of networking and communication. With the competition between providers, consumers are required to be observant with the needs and also the selling price so that it does not harm the consumers themselves. The purpose of this study is to provide an overview in choosing the provider to be used and so that its particular consumers of smartphone users can better understand the advantages possessed by each provider. This study uses the Simple Additive Weighting (SAW) method by using data taken from the questionnaire the author shared with the Master Cell store customer. This study has six criteria, namely signal, internet package internet connection, active period, bonus and price. Then have two alternatives namely simpati, im3. The final result shows that alternative 2 or A2 or im3 has the biggest result which is 2.2875 and alternative 1 or A1 or Simpati has the lowest result among alternatives that is equal to 2,1695 against the selection of sim card provider in the Master Cell store.Keywords: Provider, SAW, Sim Card
Pembuatan Program Permainan Petualangan Tom Menggunakan Visual Basic 6.0 Program Studi Sistem Komputer UNSA, Dedy Sugiarto; Program Studi Sistem Komputer UNSA, Cicilia Puji Rahayu
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 2, No 2 (2010): Speed April 2010
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.777 KB)

Abstract

Abstract: Visual Basic 6.0 is a programming language that contains the commands or instructionsdimegerti by the computer to perform certain tasks by adhering to event driven programming and usedto create a windows-based graphical applications.The graph is a very important part in the adventure game program tom. Nice graphics and smoothanimation is a key program interesting game. Visual Basic handle graphics well, thus allowing theprogrammer to create a game program that has a very interesting graphic images. Animation is animportant component in the game program that can be implemented, one of which is to display theimage, erase and show again in the new position.With the use of graphics, animation and driven processing with application development capabilities inthe form of listing and listing form module contained in the programming language Visual Basic 6.0, itcan be created by a game / game. This can lead to the majority of computer users spend more of theirtime by playing games. With the discovery of the game program is expected to introduce the culture,ideas, education and can develop creativity.Keywords: Visual Basic 6.0, Tom adventure games, graphics, animationAbstrak: Visual basic 6.0 adalah bahasa pemrograman yang memuat perintah-perintah atau instruksiyang dimegerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan berpegang pada eventdriven programming dan digunakan untuk membuat aplikasi windows yang berbasis grafis.Grafik merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam program permainanpetualangan tom. Grafik yang bagus serta animasi yang halus merupakan kunci program permainanyang menarik. Visual basic menangani grafik secara baik sehingga memungkinkan programmer untukmembuat program permainan yang memiliki gambar grafis yang sangat menarik. Animasi merupakankomponen penting dalam program permainan yang dapat diterapkan, salah satunya yaitu denganmenampilkan gambar, menghapus dan menampilkan lagi di posisi yang baru.Dengan pemanfaatan grafik, pengolahan animasi serta didorong dengan kemampuanpengembangan aplikasi dalam bentuk listing form maupun listing module yang terdapat dalam bahasapemrograman visual basic 6.0, maka dapat diciptakan suatu permainan/game. Hal ini dapatmengakibatkan sebagian besar pengguna komputer menghabiskan waktu mereka lebih banyakdengan bermain game. Dengan ditemukannya program permainan ini diharapkan dapatmemperkenalkan budaya, ide, pendidikan serta dapat mengembangkan daya kreatifitas.Kata kunci : Visual Basic 6.0, permainan petualangan Tom, grafik, animasi
Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Pinjaman Dana Tunai Rahdian Kusuma Atmaja - AMIK BSI Bekasi
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 8, No 4 (2016): Speed 2016
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.232 KB) | DOI: 10.55181/speed.v8i4.526

Abstract

Abstract - Improving public services in the field of finance then, need to improve the service adequate. One example of a public service facility is a cash service system. Progress of a company both small and large scale must be accompanied by rapid technological advancement, therefore developing an organization such as cash loans need a web-based information system. Of the few existing models, researchers defraud to use the Global Extreme Progamming Model. Where according to the research that has been done Global Extreme Programming model is appropriate because it takes a lot of time in making the information system design. Implementation of global model extreme progaming on Web-Based Loan Service Web-Based Cash Fund can provide useful information. With the information about Loan Simulation, transaction, subject of loan application and other expected user can make as an option in lending.Keywords: Loan, Global Extreme Progamming, Information System. Abstrak – Meningkatkan pelayanan masyarakat dibidang keuangan maka, perlu peningkatan pelayanan yang memadai. Salah satu contoh fasilitas pelayanan masyarakat adalah sistem pelayanan Pinjaman dana tunai. Kemajuan suatu perusahaan baik skala kecil maupun skala besar harus diiringi dengan pesatnya kemajuan teknologi yang berkembang, oleh karena itu mengembangkan suatu organisasi seperti pinjaman dana tunai membutuhkan adanya sistem informasi berbasis web. Dari beberapa model yang ada , peniliti memutusakan untuk menggunakan Model Global Extreme Progamming. Dimana menurut penlitian yang sudah dilakukan Model Global Extreme Programming sesuai digunakan karena membutuhkan waktu yang cepat dalam pembuatan rancangan sistem informasi. Penerapan model global extreme progaming pada Layanan website Pinjaman Dana tunai Berbasis Web ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.Dengan adanya informasi tentang Simulasi Pinjaman, transaksi, perihal Pengajuan pinjaman serta lainnya diharapkan pengguna dapat menjadikan sebagai pilihan dalam peminjaman.Kata kunci : Pinjaman , Global Extreme Progamming, Sistem Informasi.
Media Pembelajaran Interaktif Kimia Bagi Sekolah Menengah Pertama Kelas VII (Tujuh) - Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta, Nino Suryo Nugroho; - Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta, Nugroho Agung Prabowo; - Universitas Muhammadiyah magelang, Hanugrah Probo Hasmoro
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 3, No 2 (2011): Speed April 2011
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1763.998 KB)

Abstract

ABSTRAKSI – Teknologi komputer tidak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa saja, akan tetapisiswa yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama pun layak untuk diperkenalkan pada teknologikomputer. Dalam kegiatan belajar mengajar teknologi komputer sangat berperan khususnya dalam matapelajaran kimia dapat membantu siswa-siswi untuk lebih bersemangat dalam mengikuti mata pelajarankimia tersebut, dengan dibangunnya media pembelajaran interaktif kimia berbasis multimedia inimemungkinkan dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama lebih menarik dan tidakmembosankan, oleh sebab itu dengan adanya media pembelajaran interaktif yang berbasis multimediadiharapkan dapat membantu mengatasi masalah tersebut.Media pembelajaran interaktif kimia berbasis multimedia ini bertujuan agar siswa-siswi khususnyakelas VII Sekolah Menengah Pertama dapat berinteraksi secara langsung dengan aplikasi tersebut.Media pembelajaran interaktif kimia ini akan menampilkan tutorial dan soal-soal latihan yangberhubungan dengan mata pelajaran kimia kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Pembuatan aplikasi inimenggunakan program macromedia flash 8.0 serta aplikasi-aplikasi lain sebagai pendukung. Penelitianini menggunakan metode observasi, kepustakaan, wawancara, analisis, perancangan, pembuatan, ujicoba, dan implementasi. Diharapkan dengan penelitian ini dapat membuat siswa tidak merasa bosandalam proses belajar mengajar.Dengan menggunakan media pembelajaran kimia berbasis multimedia, proses belajar mengajarkhususnya mata pelajaran kimia kelas VII menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan dibuatnya Mediapembelajaran ini agar siswa lebih mengerti dan paham tentang apa yang diterangkan oleh guru sehinggamembantu proses belajar mengajar siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII agar tidakmembosankan
Pendekatan Rapid Application Development Dalam Merancang Program Administrasi Klinik (Studi Kasus:Klinik Anugerah Sehat) Ratnawati .; Diah Raka Siwi; Husni Faqih - AMIK BSI Tegal
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 10, No 3 (2018): Speed 2018
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1244.017 KB) | DOI: 10.55181/speed.v10i3.373

Abstract

Abstrak - Keterlambatan dalam penyajian informasi yang penting akan menyebabkan tidak relavan bagi penggunanya. Sedangkan telah banyak sistem aplikasi canggih yang dapat  digunakan, seperti dalam bidang kesehatan sistem informasi digunakan untuk mempermudah pengolahan data. Sebagai klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, klinik Anugrah Sehat membutuhkan adanya suatu sistem aplikasi komputer yang dapat menunjang untuk melakukan pemrosesan data administrasi pasien.  Proses administrasi yang ada di klinik anugrah sehat masih dilakukan secara manual, dari proses pencatatan data-data pasien, pencatatan  data  yang berhubungan dengan proses administrasi, serta pembuatan laporan sehingga hal ini dapat menimbulkan resiko pencatatan data yang salah, perhitungan pembayaran, kurang akuratnya laporan dan memperlambat untuk menemukan data yang diperlukan. Beberapa metode untuk mengumpulkan data penunjang pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara seperti observasi, wawancara dan studi pustaka. Pendekatan pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan metode Rapid Application Development (RAD). Dengan adanya program ini diharapkan akan menjadi solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada klinik Anugrah Sehat. Kata kunci :  Program Administrasi,  Rapid Application Development (RAD) Abstract - The delay in presenting important information will result in a non-reliable for its users. While has many information systems that can be used, as in the field of health, information systems are used to facilitate data processing.As a clinic engaged in the field of health services to the public, clinics Anugrah Sehat requires the existence of an information system that can support the process of data processing patient administration. The administrative process at the Anugrah Sehat clinic is still done manually, such as the process of recording patient data, recording the data related to the administration process, and making the report, so that during the process often happened errors in recording, payment calculations, less accurate reports and delays in search of necessary data.In this research, data collection method is done by observation, interview and literature study. The system development approach used is the Rapid Application Development (RAD) method. With this program is expected to be the best solution to solve the problems that exist in the clinic Anugrah Sehat..Keywords : Program Administration, Rapid Application Development (RAD)
Sistem Informasi Manajemen Inventori Barang Dan Peralatan Manufacturing Pada Perusahaan XYZ - STMIK Nusa Mandiri, Amin Drajat; - UBSI, Heri Kuswara; - STMIK Nusa Mandiri, Nicodias Palasara
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 13, No 1 (2021): Speed Januari 2021
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.243 KB)

Abstract

Abstract - In the operation of almost all product-goods manufacturing company, one of their constraint that faced by company is some of goods, product, or production equipment being controlled by a manual-based system. Although for the management of inventory of main raw materials and main equipment already using a computerized inventory system, the current system is not easy to be integrated for inventory of goods and other equipment because the system was specially designed for certain items only. With manual system, sometimes production delay occured when the goods or supporting equipment needed are not ready, and this problem quite risky to cause company losses. The purpose of this research is to see the actual implementation of the inventory, then provide proposed solutions that can be applied in the company to overcome current problems. The solution or method that the authors proposed is to create a web-based inventory program that featured with flexibility menu of managing master data, so that it can be easily expanded for a variety of goods or equipment managed by the company. With this system, employees and the company will get benefit because operations are easier and the risk of production disruption and company lossed can be reduced.Keywords: IT Inventory Management. Abstrak - Pada perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan barang secara masal, salah satu kendala yang dihadapi adalah manajemen inventori. Beberapa perusahaan telah memiliki sistem inventory yang terkomputerasi dengan baik, tetapi sebagian perusahaan masih menggunakan sistem inventori manual pada keseluruhan maupun sebagian barang dan peralatan yang dimilikinya. Dengan masih adanya sistem manual, kadang terjadi keterlambatan produksi pada saat barang atau alat pendukung yang dibutuhkan tidak siap. Hal ini rawan menyebabkan kerugian bagi perusahaan maupn pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti  aktual pelaksanaan inventori pada sebuah perusahaan, kemudian memberikan usulan solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah yang ada. Adapun solusi atau metode yang penulis usulkan adalah membuat sebuah program inventori berbasis web yang memiliki menu-menu yang fleksibel untuk mengatur data master, sehingga perusahaan bisa dengan mudah megembangkan untuk berbagai macam barang atau peralatan yang dikelola perusahaan. Dengan sistem ini, karyawan dan perusahaan secara akan mendapatkan keuntungan karena operasionalnya lebih mudah dan resiko gangguan produksi dan kerugian perusahaan bisa terkurangi.Kata kunci: Sistem informasi Manajemen
SISTEM PENGOLAHAN DATA PENDUDUK PADA DESA MENTORO ., Pipit Nurdiana; ., Indah Uly Wardaty
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 5, No 2 (2013): Speed 2013
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.939 KB)

Abstract

 ABSTRACT: Population data recording system is still simple. Data entry people are still recorded in a special book, and to submit proof of residence is still a conventional report. The problem that arises is the lack of data that can lead konsistensian kerangkapan data, if the data search takes a very long time because it still uses a conventional system, and the data in the event of natural disasters are likely to be lost.The research objective of this thesis is to produce an application program to process data on the population of the village Mentoro. While the benefit is to accelerate the process of data collection was born residents, dead people, people moved, and the people came; accelerate and simplify the process of data search on the terms of the name and address; speed up the process of making the final report of the number of birth, death, moving, and come in every month . The method used is the method of interviews, literature studies, system analysis, system design, Implementation, Verification, and Maintenance.From the research conducted is expected to generate a data processing system at the Village Mentoro population that can assist in reporting population data, especially in the Village Mentoro. ABSTRAKSI: Pada Sistem pencatatan data kependudukan masih bersifat sederhana. Data penduduk yang masuk masih dicatat dalam sebuah buku khusus, dan untuk menyerahkan bukti laporan kependudukan masih bersifat konvensional. Masalah yang timbul adalah ketidak konsistensian data yang dapat menyebabkan kerangkapan data,apabila dalam pencarian data membutuhkan waktu yang sangat lama karena masih menggunakan sistem yang konvensional,dan apabila terjadi bencana alam data kemungkinan akan hilang.Tujuan penelitian dari tugas akhir ini adalah menghasilkan program aplikasi untuk mengolah data jumlah penduduk pada Desa Mentoro. Sedangkan manfaatnya adalah mempercepat dalam proses pendataan penduduk lahir, penduduk mati, penduduk pindah, dan penduduk datang; mempercepat dan mempermudah dalam proses pencarian data yang berdasarakan nama dan alamat; mempercepat proses pembuatan laporan akhir dari angka lahir, mati, pindah, dan datang setiap bulan. Metode yang digunakan adalah metode interview, Studi literatur, Analisis sistem, Perancangan sistem, Implementasi, Verifikasi, dan Maintenance.Hasil dari penelitian ini penulis dapat menghasilkan sistem pengolahan data penduduk pada Desa Mentoro yang dapat membantu dalam laporan data kependudukan khususnya pada Desa Mentoro.
Rancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Guru Dan Pegawai SMP Negeri 45 Jakarta Angga Aditya Permana - STMIK Nusa Mandiri Jakarta
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 8, No 1 (2016): Speed 2016
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.428 KB) | DOI: 10.55181/speed.v8i1.273

Abstract

ABSTRACT - The development of computers is essential to the development of a company, especially those engaged in the field of savings and credit cooperatives. Provision of maximum service to its members is one of the missions undertaken this cooperative with the goal of improving the welfare of its members. A good information system is needed to assist and supervise the activities of savings and loans, so as to keep abreast of emerging businesses. Teachers and Employees Cooperative SMP Negeri 45 Jakarta requires an information system that will assist employees in dealing with the administration of savings and loans. In this study, a computerized system of savings and loan in Teachers and Employees Cooperative SMP Negeri 45 Jakarta suitable successfully created and designed to support the development of the cooperative.Keywords: Cooperatives, Savings and Loans, Savings and Loans System ABSTRAK - Perkembangan komputer sangatlah penting terhadap perkembangan suatu perusahaan, khususnya yang bergerak dalam bidang koperasi simpan pinjam. Pemberian pelayanan yang maksimal kepada para anggotanya merupakan salah satu misi yang dijalankan koperasi ini dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Sistem informasi yang baik diperlukan untuk membantu dan mengawasi kegiatan simpan pinjam, sehingga dapat mengikuti perkembangan usaha yang sedang berkembang. Koperasi Guru dan Pegawai SMP Negeri 45 Jakarta memerlukan suatu perancangan sistem informasi yang akan membantu karyawannya dalam menangani administrasi simpan pinjam. Pada penelitian ini, suatu sistem komputerisasi simpan pinjam pada Koperasi Guru dan Pegawai SMP Negeri 45 Jakarta yang sesuai berhasil dibuat dan dirancang untuk mendukung berkembangnya koperasi tersebut.Kata Kunci: Koperasi, Simpan Pinjam, Sistem Simpan Pinjam

Page 1 of 57 | Total Record : 566


Filter by Year

2008 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2023): Speed April 2023 Vol 14, No 4 (2022): Speed Oktober 2022 Vol 14, No 3 (2022): Speed Juli 2022 Vol 14, No 2 (2022): Speed April 2022 Vol 14, No 1 (2022): Speed Januari 2022 Vol 13, No 4 (2021): Speed Oktober 2021 Vol 13, No 3 (2021): Speed Juli 2021 Vol 13, No 2 (2021): Speed April 2021 Vol 13, No 1 (2021): Speed Januari 2021 Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020 Vol 12, No 3 (2020): Speed Juli 2020 Vol 12, No 2 (2020): Speed Mei 2020 Vol 12, No 1 (2020): Speed Januari 2020 Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 3 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 2 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 1 (2019): Speed 2019 Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 3 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 2 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 4 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 4 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 2 (2015): Speed 2015 Vol 5, No 3 (2013): Speed 20013 Vol 10, No 1 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 3 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 2 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 1 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 3 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 2 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 1 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015 Vol 7, No 3 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 4 (2014): Speed 2014 Vol 6, No 2 (2014): Seed 2014 Vol 6, No 1 (2014): Speed 2014 Vol 5, No 4 (2013): Speed 2013 Vol 5, No 1 (2013): Speed 2013 Vol 4, No 4 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 3 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 2 (2012): Speed April 2012 Vol 4, No 1 (2012): Speed Januari 2012 Vol 3, No 4 (2011): Speed Oktober 2011 Vol 3, No 3 (2011): Speed Juli 2011 Vol 2, No 4 (2010): Speed Oktober 2010 Vol 2, No 3 (2010): Speed Juli 2010 Vol 1, No 4 (2009): Speed Oktober 2009 Vol 1, No 2 (2009): Speed April 2009 Vol 7, No 1 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 3 (2014): Seed 2014 Vol 5, No 2 (2013): Speed 2013 Vol 3, No 2 (2011): Speed April 2011 Vol 3, No 1 (2011): Speed Januari 2009 Vol 2, No 2 (2010): Speed April 2010 Vol 2, No 1 (2010): Speed Januari 2010 Vol 1, No 3 (2009): Speed Juli 2009 Vol 1, No 1 (2009): Speed Januari 2009 More Issue