AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
Vol 30, No 1 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Neni Yuliani (UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG)
Nasihudin Nasihudin (UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG)
Inne Marthyane Pratiwi (UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Islam Majalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dengan berdasarkan indikator yang dikemukakan oleh Anderson & Karthwohl. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model MID dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini disebabkan siswa yang mengikuti model pembelajaran MID khususnya pada aspek reconstrucion mengutamakan terciptanya interpretasi pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang diperoleh, sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung karena pengetahuan yang diperoleh bukan penemuan sendiri sehingga siswa akan lebih cepat lupa dengan pengetahuan yang diperoleh.Kata Kunci : Model Meaningiful Instructional Design, Hasil Belajar Kognitif , Matematika   AbstractThis research aimed to describe the differences in cognitive learning outcomes between students who utilized the Meaningful Instructional Design (MID) learning model and those who utilized direct learning. It was quasi-experimental research and the design used was nonequivalent pretest-posttest control group design. The population in this study were all fifth-grade students of MI Al Islam Majalaya. The sample in this study was class V-A as a control class and class V-B as an experimental class. The instruments used were observation sheets and essay tests to measure students’ cognitive learning outcomes based on indicators proposed by Anderson & Karthwohl. The data analysis technique used by the researcher was the t-test. The results show that there are differences in students’ cognitive learning outcomes between those utilizing the MID model and those utilizing the direct learning model. It is because students who take the MID learning model especially in the aspect of reconstruction prioritizing the creation of interpretations of their understanding of the knowledge obtained. Meanwhile, the knowledge of the students who take part in direct learning is not obtained from their findings, so they will more quickly forget it.Keywords : Meaningful Instructional Design Model, Cognitive Learning Outcomes, Mathematics

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal) is a double-blind peer reviewed journal on Education published by the Faculty of Tarbiyah and Teachers Training of IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan welcomes and accepts qualified original research papers about ...