Jurnal Sains dan Informatika
Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika

Studi Komparatif Penggunaan Mouse, Touchpad, Touchscreen Dalam Permainan PC Petualangan Dua Dimensi

Vinza Hedi Satria (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Darlis Herumurti (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Piranti penunjuk telah berkembang sangat pesat, tidak jarang diciptakan sebuah piranti penunjuk untuk keperluan tertentu seperti gamepad untuk bermain game, namun mendukung penggunaan piranti khusus merupakan pekerjaan lebih untuk pengembang game indie, oleh karena itu dibutuhkan penelitian mengenai penggunaan piranti penunjuk umum seperti mouse untuk bermain game agar dapat membantu pengembang game indie tidak hanya membutuhkan usaha minimum namun juga dapat menarik lebih banyak konsumen, namun penelitian mengenai hal tersebut jarang dilakukan, oleh karena itu dilakukan penelitian dengan total 16 partisipan yang akan diminta untuk menjalankan dua jenis tugas dalam sebuah permainan dengan menggunakan tiga perangkat berbeda, waktu dari kedua tugas dicatat untuk diolah dengan dihitung rata-rata, deviasi dan dianalisis menggunakan ANOVA dan post-hoc. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa mouse memiliki keunggulan pada tugas pertama (navigasi menu), sedangkan touchscreen memiliki keunggulan pada tugas kedua (permainan), namun dengan mempertimbangkan tingkat signifikansi post-hoc dan rata-rata yang tidak jauh berbeda pada tugas dua dimana mouse berada pada 12.57 detik lebih lambat 0.26 detik daripada touchscreen pada 12.31, sedangkan pada tugas satu perbedaan kedua perangkat jauh lebih besar yaitu 3.2 detik, maka ditarik kesimpulan bahwa mouse cocok digunakan pada game adventure dua dimensi.

Copyrights © 2021