Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 5, No 2 (2021)

STUDI KOMPARASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA YANG BERASAL DARI SD DAN DARI MI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR QURDIS DI PONDOK PESANTREN MARKAZ IQRO KARANGANYAR SOLO

Din Muhammad Zakariya (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

This study aims to discuss how the students' ability to read the Koran at the Markaz Iqro Islamic Boarding School Karanganyar Solo; how is the difference in the ability to read the Koran between students from SD and MI at the Markaz Iqro Islamic Boarding School Karanganyar Solo; and how the influence of the ability to read the Koran of students from SD and MI on PAI learning achievement at the Markaz Iqro Islamic Boarding School Karanganyar Solo. This type of research is quantitative. Data collection techniques used are observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analysis technique uses statistical calculations using SPSS. The results of this study concluded that: 1). The ability to read the Koran of each student at the Markaz Iqro Islamic Boarding School Karanganyar Solo is generally quite good. 2). Differences in the ability to read Al-Quran Students from SD and MI at the Markaz Iqro Islamic Boarding School Karanganyar Solo, after being compared using statistical tests, it has been proven that there are differences in their Al-Quran reading abilities as well as their different basic educational backgrounds. With a higher mean MI value of 89.54, while the mean SD value of 83. 3). The effect of the ability to read the Koran of students from elementary school and from MI on learning achievement of Qur'an at the Markaz Iqro Islamic Boarding School Karanganyar Solo based on samples that have been analyzed using statistical analysis shows that students' ability to read Al-Quran has an effect on their learning achievement of Qur'an. With a significance result of 0.04 < 0.05, and a significance of 0.036 < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa-siswi di Pondok Pesantren Markaz Iqro Karanganyar Solo; bagaimana perbedaan kemampuan membaca Al-Quran antara siswa yang berasal dari SD dan dari MI di Pondok Pesantren Markaz Iqro Karanganyar Solo; dan bagaimana pengaruh kemampuan membaca Al-Quran siswa yang berasal dari SD dan dari MI terhadap prestasi belajar PAI di Pondok Pesantren Markaz Iqro Karanganyar Solo. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis datanya menggunakan penghitungan statistik menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1). Kemampuan membaca Al-Quran dari masing-masing siswa di Pondok Pesantren Markaz Iqro Karanganyar Solo secara garis besar terbilang cukup baik. 2). Perbedaan kemampuan membaca Al-Quran Siswa yang berasal dari SD dan dari MI di Pondok Pesantren Markaz Iqro Karanganyar Solo setelah dikomparasikan dengan menggunakan uji statistik memang telah terbukti ada perbedaan dalam kemampuan membaca Al-Quran mereka sebagaimana berbedanya latar belakang Pendidikan dasar mereka. Dengan nilai mean MI lebih tinggi yaitu 89,54, sedangkan nilai mean SD sebesar 83. 3). Pengaruh kemampuan membaca Al-Quran siswa yang berasal dari SD dan dari MI terhadap prestasi belajar Qurdis di Pondok Pesantren Markaz Iqro Karanganyar Solo berdasarkan sampel yang telah dianalisis dengan menggunakan analisis statistik menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Quran siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar Qurdis mereka. Dengan hasil signifikansi 0,04 < 0,05, dan signifikansi 0,036 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Studia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah ...