Orang tua berperan penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak-anak mereka serta peningkatan prestasi siswa, karena induk peran dan tanggung jawab antara lain dapat diwujudkan dengan membimbing kelangsungan anak belajar di rumah sesuai dengan program yang telah dipelajari oleh anak-anak di sekolah belajar. peran orang tua juga sangat diperlukan utuk memberikan edukasi kepada anak – anaknya yang masih belum bisa memahami tentang pandemi yang sedang mewabah untuk tetap berdiam diri dirumah agar tidak terlular dan menularkan wabah pandemi ini. Motivasi akan terwujud dengan munculnya keinginan serta semangat yang tinggi untuk terus belajar. Motivasi dan informasi yang dimiliki anak sangat menentukan hasil belajar yang maksimal. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap peningkatan prestasi siswa di masa pandemi Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi orang tua untuk anak tingkat SD sangat berpengaruh pada berkembangan pendidikan anaknya. Kontribusi itu berkaitan dengan motivasi, memberi arahan, dan memberi pendampingan belajar serta memberi sarana agar dapat tercapai keidealan dalam mendidik anak karena anak tingkat usia SD masih cenderung senang bermain sehingga perlu adanya kontrol orang tua, serta memiliki peran yang sangat besar selama terjadinya kegiatan pembelajaran di rumah untuk meningkatkan prestasi anak.
Copyrights © 2021