Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 2 (2021)

Penerapan Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS pada Masa Pandemi COVID 19 bagi Guru-guru Muhammadiyah

Rahmat Mushlihuddin (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Sri Wahhyuni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Tua Halomoan Harahap (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rizky Chainur Hafni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Aini Suhaida (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Reformasi dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah pembaharuan dalam sistem pembelajaran dan penilaian yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skill (HOTS). HOTS diharapkan dapat lebih mendorong pengembangan kecakapan dan kreativitas berpikir siswa. SMP Swasta Muhammadiyah 12 Binjai, merupakan salah satu sekolah yang mengalami dampak reformasi tersebut. Namun kenyataannya belum semua guru mampu menerapkan pembelajaran beorientasi HOTS di dalam kelas dan belum semua guru mengetahui pembuatan soal untuk penilaian yang berorientasi pada HOTS.Tujuan umum dari kegiatan pengadian ini adalah untuk memaksimalkan kemampuan dan keterampilan guru dalam kegiatan belajar mengajar berorientasi HOTS. Sedangkan tujuan khususnya adalah guru mampu menerapkan pembelajaran dan penilaiaan berorientasi HOTS.Pengabdian akan dilaksanakan di sekolah mitra yaitu SMP Swasta Muhammadiyah 12 Binjai di Jl K. H. Ahmad Dahlan No. 4 Kel. Kartini, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai. Metode kegiatan pengabdian adalah dengan melaksanakan workshop kepada mitra. Pelaksanaan pengabdian diawali dengan penyusunan RPP berorientasi HOTs selanjutnya menyusun penilaian pembelajaran berorientasi HOTs. Dengan kegiatan workshop diharapkan mitra dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Swasta Muhammadiyah 12 Binjai beroirentasi HOTs.

Copyrights © 2021