EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 7 No 2 (2021): Agustus 2021

UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN PPKN

kandar kandar (SDN Kadungrembuk Kecamatan Sukodadi)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kadungrembuk Sukodadi. Data yang diperoleh berupa interview, hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (41%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan konstruktivisme dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas IV SDN Kadungrembuk Sukodadi, serta pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternativ pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kata

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is published by the Master Program of Indonesian Language and Literature Education, Postgraduate Program, Islamic University Darul Ulum Lamongan as a medium of information, teaching facilities, and dissemination of research results, theoretical developments, and scientific writings on ...