el hayah jurnal studi islam
Vol 9, No 2 (2019): Desember 2019

PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH TRUCUK TAHUN 2017/2018

Winarti, Winarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : 1) dukungan orangtua terhadap prestasi belajar tarikh; 2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh; 3) interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh; 4) dukungan orangtua dan motvasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh; 5)dukungan orangtua dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh; 6) motivasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh; 7) dukungan orangtua dan motvasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh.Jenis penelitian kuantitatif, dilakukan di MTs Muhammadiyah Trucuk Tahun 2019. Populasi sebanyak 70 siswa dan semua merupakan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliable. Analisis data menggunakan uji asumsi analisis klasik dilanjutkan dengan uji analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh : 1) dukungan orangtua terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai r sebesar 0,241 lebih dari 0,235; 2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai r sebesar 0,267lebih dari0,235; 3) interkasi teman sebaya terhadap presatasi belajar tarikh dengan nilai r sebesar 0,995lebih dari0,235; 4) dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai F sebesar 16,602; 5) dukungan orangtua dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh dengan niali F sebesar 6,079; 6) motivasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai F sebesar 6,488; 7) dukungan orangtua dan motvasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh  dengan nilai F sebesar 4,260. semakin tinggi dukungan orangtua, motivasi belajar dan interaksi teman sebaya maka semakin tinggi pula prestasi belajar anak. Kata Kunci: dukungan orangtua, motivasi belajar, interaksi teman sebaya  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

el-hayah

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

EL- Hayah: Journal Islamic Studies published by Postgraduate of UIN Raden Mas Said Surakarta. This journal covers textual and empirical, as well as classical and contemporary research on Islam, primarily focusing on Islam and Muslims study in Indonesia. Published in Indonesia, it welcomes ...