Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 1 (2022)

ANALISIS KEBUTUHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERHADAP MODUL ELEKTRONIK MENULIS TEKS IKLAN BERBASIS FLIP BOOK

Charlina Charlina (Universitas Riau, Pekanbaru)
Elvrin Septyanti (Universitas Riau, Pekanbaru)
Tria Putri Mustika (Universitas Riau, Pekanbaru)
Fitriyanti Fitriyanti (Universitas Riau, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan tahapan dalam pengembangan modul elektronik menulis teks iklan berbasis flip book untuk sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dalam menulis teks iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengukur sikap, pendapat, dan atau persepsi siswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat dalam bentuk checklist dengan rentang penilaian 1 sampai 5. Kuesioner yang disusun ditujukan kepada siswa di empat SMP/MTs sederajat di kabupaten Bengkalis. Teknik pengambilan sampel ini berdasarkan kuota sampling yang ditentukan oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah nilai kategori menjadi skor penilaian dan menganalisis skor tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66.5% siswa kesulitan dalam memahami materi teks iklan dan 80.1% siswa menginginkan materi menulis teks iklan disampaikan denganĀ  media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan inovatif, dan 87.1% siswa menginginkan media pembelajaran menulis teks iklan yang memudahkannya belajar secara mandiri. Hal ini menunjukkan perlunya penyusunan modul elektronik untuk menulis teks iklan berbasis flip book.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...