JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Tamarli Tamarli (Unknown)
Akhyar Akhyar (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2019

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh pendukung proses pembelajaran tersebut, Salah satu pendukung keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dengan menggunakan alat peraga. Pembelajaran dengan penggunaan alat peraga menjadi salah satu cara yang sering diterapkan guru dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Namun demikian masih ada siswa yang kurang memahami materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, walaupun dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan alat peraga. Hal inilah yang menjadi latar belakang peneliti melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan istrumen yang digunakan tes, interview dan wawancara. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-3 SMA Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 40 orang.Tekenik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada kategori memahami yaitu pada kategori sangat memahami sebanyak 35% (14) orang siswa dan pada kategori memahami sebanyak 65% (26) orang siswa kelas XI-3 SMA Negeri 8 Banda Aceh.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...