MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2021): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Ditinjau Dari Level Berpkir Metakognitif Pada Mata Kuliah Statistika Lanjut

Mahyudi Mahyudi (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Indra Kurniawan (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan literasi matematika mahasiswa dengan memperhatikan level berfikir metakognitifnya. Untuk mendapat gambaran tersebut dilakukan tes diagnosa kemampuan literasi matematika pada materi statistika lanjut yang disertakan dengan wawancara terbatas pada subjek yang diteliti. Analisisnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi mahasiswa yang berbeda-beda dari setiap level berfikir metakognitif. Pada subjek dengan level berfikir tacit use dan aware use, kemampuan literasi matematika hanya sampai pada tahap formulating saja. Sedangkan pada level berfikir strategic use selain tahap formulating, subjek juga sudah dapat mengembangkan kemampuan untuk melakukan employing. Sementara pada level berfikir yang paling tinggi yaitu relective use, subjek memiliki kemampuan penalaran yang baik dalam pengambilan keputusan dan berada pada tahap interpreting.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...