Diversifikasi merupakan pilihan strategis perusahaan berimplikasi jangka panjang.Beberapa teori diversifikasi meliputi Market Power View, Resources Based View,InternalTransactionCostdanAgencyTheory.Hasilpenelitianterdahulumenunjukkanmasihterdapatvariasimengenaipengaruhdiversifikasiterhadapnilaiperusahaan,halini dipandang sebagai kesenjangan penelitian. Kesenjangan tersebut diisi denganfinancingmixsebagaivariabelmediasipengaruhdiversifikasiterhadapnilaiperusahaan.Penelitian ini bertujuan untukmenjelaskandanmenganalisis pengaruhdiversifikasiterhadapnilaiperusahaan,pengaruhdiversifikasiterhadapfinancingmix,pengaruhfinancing mix terhadap nilai perusahaan dan peran mediasi financing mix dalammemengaruhi diversifikasi terhadap nilaiperusahaan. Penelitianini dilakukan padasecondary sectors di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode pengamatan 2006-2010.Berdasarkankriteriapopulasi yangditetapkan,metodepengambilansampeladalahsampel jenuh atau sensus. Sampel penelitian 18 perusahaan dengan unit analisis 72.Metode analisis data yaituSmart PLSVer 2.0M3. Temuan penelitian adalahsemakinluasperusahaanmelakukandiversifikasimakanilaiperusahaansemakinmeningkat,semakintinggidiversifikasiyangdilakukanmakapenggunaanfinancingmixsemakinbesar, tetapi penggunaan financing mix yang tinggimenurunkan nilai perusahaan,selanjutnya ditemukan bahwa financing mix berperan sebagai partial mediasimemengaruhidiversifikasiterhadapnilaiperusahaan.Penelitianinimerekomendasikanmanajemenperusahaanharusmampumeningkatkanpertumbuhansehinggadapatmemberikansinyal positif kepada caloninvestor.
Copyrights © 2020