cover
Contact Name
Imam Salehudin
Contact Email
imams@ui.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmui@ui.ac.id
Editorial Address
Management Research Center, Departemen Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Indonesia Jl.Prof.Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Kampus UI Depok, West Java, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 03029859     EISSN : 27762459     DOI : -
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMUI menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan kewirausahaan, baik yang berbentuk makalah konseptual, studi kasus, maupun laporan penelitian empiris. Topik yang dikembangkan dalam publikasi JMUI adalah sebagai berikut: Manajemen Stratejik, Keuangan, Pemasaran, Operasi, Sumber daya manusia, Kewirausahaan, Usaha mikro kecil dan menengah, usaha start-up, perusahaan milik keluarga, dan pembiayaan usaha. Selain itu, JMUI mengutamakan artikel ilmiah yang mengangkat kearifan lokal dan aplikasi konsep-konsep manajemen untuk memecahkan permasalahan dan isu yang dihadapi praktisi usaha di Indonesia.
Articles 61 Documents
Efektivitas Kinerja Pelabuhan dengan Data Envelopment Analysis (DEA) R. Nugroho Purwantoro
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia ##issue.vol## 33, ##issue.no## 5 (2004): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengukuran kinerja 24 pelabuhan di Indonesia pada tahun 2002 dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Dari hasil perhitungan, 8 pelabuhan secara relatif tidak menghasilkan output secara efektif. Hal ini berarti kedelapan pelabuhan tersebut tidak mampu mengoptimalkan input yang dimilikinya dalam menghasilkan output dibandingkan 16 pelabuhan yang lain dari kelompok data yang dievaluasi
Membangun Sistem Kompensasi Value Chain Hendra Poerwanto
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 29, No 12 (2000): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar program kompensasi lebih efektif. Pertama, organisasi harus memperhatikan tujuannya. Kedua, organisasi harus mendalami sudut pandang karyawan. Ketiga, organisasi harus mengetahui bagaimana berbagai jenis kompensasi digunakan.
DEA Sebagai Metode Alternatif Untuk Menilai Produktivitas Lembaga Pembiayaan Mikro R. Nugroho Purwantoro
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 34, No 1 (2005): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this paper is to introducing alternative method for evaluating performance of Indonesia microfinance institution with Data Envelopment Analysis (DEA).
Pengukuran Kinerja Bank Syariah: Integrasi Pendekatan DEA dengan Analisis Rasio Keuangan R. Nugroho Purwantoro
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 35, No 10 (2006): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper integrated DEA method with financial ratio to analyze efficiency and performance of sharia business unit at 4 Indonesian banks in 2 years period. This paper identify 4 difference performance condition in each unit that in term of asset accumulation commanding up to 71% of all Indonesian sharia banking total asset.
Analisis Pengaruh Kemampuan Market Selectivity Timing dan Efek Dilusi Fund Flow Terhadap Return Reksadana Saham R. Nugroho Purwantoro; Yochiko Imphiami
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 40, No 4 (2011): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this study is to analyze the effects of market selectivity and market timing ability of fund managers, and also the dilution effect of fund flow from investor to the return of equity mutual funds. The result shows that the mutual funds did have market selectivity and market timing ability although unsignificant, and there are no dilution effect found from trading activity of the mutual funds investors.
Customer Relationship (Hubungan Konsumen) Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan IM3, THREE, ESIA, dan FLEXI Ignatius Heruwasto; Ratna Nur Fatmah
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 41, No 1 (2012): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggabungkan dua konsep penting yaitu customer relationship (hubungan konsumen) dan loyalitas konsumen. Penelitian ini menfokuskan pada proses customer relationship pada provider selular IM3, Three, Esia, dan Flexi yang merupakan provider selular yang memiliki produk keunggulan. Namun provider selular IM3, Three, Esia, dan Flexi juga memiliki banyak kompetitor yang siap bersaing untuk merebut para konsumen. Alasan yang mendasari topik penelitian ini adalah bahwa setiap provider selular dalam mempertahankan konsumen atau pelanggannya, harus memiliki hubungan yang baik dengan para pelanggan atau konsumen sehingga dapat meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship (hubungan konsumen) terhadap loyalitas pelanggan pada provider selular yang akan dikembangkan menjadi strategi pemasaran. Khususnya penelitian ini mengkaji tentang hubungan konsumen dengan produk, hubungan konsumen dengan merek, dan hubungan konsumen dengan konsumen. Selain itu, penelitian ini juga ingin melihat kaitan ketiga pihak hubungan konsumen tersebut terhadap loyalitas pelanggan yang terdiri dari individual fortitude dan social bonding. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa dan mahasiswi Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta yang menggunakan provider selular IM3, Three, Esia, dan Flexi dengan jumlah responden yang digunakan dalam sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer relationship mempunyai pengaruh positif terhadap individual fortitude, relationship customer dan konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap social bonding, dan customer relationship juga mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan IM3, Three, Esia, dan Flexi.
Analisis Pengaruh Brand Identity Design Terhadap Proses Pembentukan Brand Awareness Studi Kasus: Nordhenbasic Khairunnas Khairunnas; Sofjan Assauri
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 41, No 1 (2012): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tesis ini membahas tentang membangun suatu merek pada bisnis baru yang membutuhkan waktu cukup lama, dan biasanya bisnis baru tersebut selalu menghadapi dilema apakah ingin mengembangkan identitas merek mereka, ekspansi atau membuka cabang lebih banyak dan mengembangkan produk baru. Membangun suatu identitas merek bisa dilakukan dengan membuat logo, slogan, baahsa yang digunakan, produk atau jasa yang ditawarkan, seragam perusahaan, dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian pada Nordhenbasic, pengaruh brand identity design terhadap proses pembentukan brand awareness cukup baik walaupun masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki.
Penaksiran Resiko Supply chain di Industri Perminyakan Iwan Vanany
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 41, No 1 (2012): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Isu resiko pada supply chain merupakan salah satu isu penting di dunia industriperminyakan. Tujuan dari paper ini adalah: (1) mengidentifikasi sumber-sumber resiko supply chain dan (2) menaksir sumber-sumber resiko tersebut berdasarkan tingkat kemungkinannya terjadi dan besar dampaknya yang ditimbulkan. Branstorming dan diskusi oleh beberapa manajer dan karyawan di sebuah perusahaan industri perminyakan di Riau dilakukan untuk pengidentifikasian dan penaksiran sumbersumber resiko supply chain-nya. Pada paper ini, sumber-sumber resiko supply chain pada industri perminyakan dapat dibagi menjadi tiga katagori yaitu (1) external risk (ada 8 sumber-sumber resiko), (2) network risk (8 sumber-sumber resiko) dan internal risk (11 sumber-sumber resiko). Hasil penaksiran menunjukkan bahwa sumber-sumberresiko yang kritis di external risk adalah: perubahan regulasi dan kerusakan infrastruktur merupakan, di network risk adalah: tidak adanya ketersediaan komponen dan kecelakaan transportasi untuk konsumen. Sedangkan internal risk adalah: kerusakan alat pengeboran dan adanya gangguan pada internal transportasi. Kedepannya perlu dilakukan strategi aksi yang dipilih agar sumber-sumber resiko yang kritis dapat diantisipasi, direduksi dan dimitigasi untuk meningkatkan operasi supply chain perusahaan.
Pengaruh Kualitas Aset Digital (Website) Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Hubungan Sri Raharso
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 41, No 1 (2012): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini, website merupakan salah satu alat yang diadopsi organisasi untukmenciptakan hubungan. Perguruan tinggi termasuk salah satu organisasi yangmemanfaatkan potensi website sebagai alat pertukaran informasi antar dan di dalam organisasi. Hasil studi menyatakan bahwa website yang berkualitas terbukti bisa meningkatkan kepuasan, kepercayaan, dan hubungan. Sayangnya, penelitian tentang kualitas website perguruan tinggi masih sangat jarang. Untuk itu, penelitian ini berusaha mengisi kesenjangan tersebut dengan cara mengidentifikasi variabel-variabel yang bisa menjelaskan kualitas website perguruan tinggi dan konsekuensinya. Hasilnya, secara empiris terbukti bahwa kualitas website perguruan tinggi mempengaruhi kepuasan, kepercayaan, dan hubungan dengan pengguna website. Implikasi dan keterbatasan penelitian ini juga didiskusikan.
The Impact of Macroeconomic News to Islamic Bond in Indonesia Permata Wulandari; Niken Iwani; Anis Wahyu Intan Maris
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol 41, No 1 (2012): Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Riset ini berfokus pada dampak pengumuman variabel makroekonomi terhadapobligasi syariah negara di Indonesia sepanjang tahun 2009-2010. Dampak pengumuman GDP, inflasi, nilai tukar dan uang beredar terhadap volatilitas yield obligasi syariah negara akan diukur dengan memperhatikan asymetric effect volatilitas obligasi syariah terhadap volatilitas variabel makroekonomi. Data yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah variabel makroekonomi serta yield obligasi syariah di Indonesia (baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun oleh korporasi) yang terbagi atas kelas jatuh tempo yang berbeda (4, 6, 7 dan 10 tahun). Bivariate GJR GARCH (TARCH) digunakan sebagai metodologi pada penelitian ini serta Variance Autoregresion (VAR). Pearson correlation juga digunakan untuk menganalisis korelasi antara variabel dan Granger Causality. Korelasi pearson juga mengimplikasikan korelasi yang kuat antara variabelmakroekonomi dan yield sukuk pada setiap tenor di tingkat imbal hasil tertentudengan GDP dan inflasi sebagai variabel yang paling kuat berkorelasi dengan yield sukuk. Hasil ini didukung sebagaimana Granger causality menunjukan adanya hubungan antara GDP dengan inflasi terhadap yield sukuk. Hasil dari VAR menunjukan bahwa hanya nilai tukar yang mempengaruhi volatilitas yield sukuk. GJR GARCH kemudian mengungkapkan bahwa satu asymmetric effect terjadi pada kelas tenor 7 tahun.