Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia
Vol 43, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia

Apakah Social Influence Mempengaruhi Intensi Meminjam melalui Peer to Peer Lending

Melia Agustina (Unknown)
Zuliani Dalimunthe (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan social influence dengan intensi meminjam melalui platform peer to peer (P2P) lending dengan menyertakan faktor trust kepada pengelola platform sebagai variabel moderasi. P2P lending merupakan bentuk teknologi finansial yang memfasilitasi transaksi peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman (lender) secara online. Menurut technology acceptance model, salah satu komponen yang bisa mempengaruhi seseorang untuk mengadopsi teknologi baru adalah social influence, namun apakah social influence berhubungan terhadap intensi seseorang untuk melakukan peminjaman melalui platform P2P lending, khususnya di Indonesia, belum banyak dibahas. Penelitian ini menggunakan data primer menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 20. Pengumpulan data berlangsung pada November-Desember 2018. Unitanalisis adalah individu yang memahami P2P lending sebanyak 102 responden. Penelitian ini menemukan bahwa social influence berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi seseorang untuk meminjam (intention to borrow) melalui P2P lending. Di sisi lain, faktor trust kepada pengelola platform terindikasi juga berpengaruh positif terhadap intensi, meskipun tidak dapat dikatakanberpengaruh positif secara signifikan. Hal yang perlu mendapat perhatian adalah bahwa terdapat indikasi bahwa faktor trust pada pengelola platform memperlemah hubungan social influence terhadap intensi meminjam melalui platform P2P lending tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmui

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMUI menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan ...